Visi dan Misi Program Studi Bahasa Prancis

Visi dan Misi Prodi Prancis disusun berdasarkan visi dan misi Fakultas Ilmu Budaya sebagi cermin visi dan misi Universitas Udayana.

 

Visi 

 

Visi Prodi Bahasa Prancis ialah “mewujudkan Program Studi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, mandiri, dan berbudaya pada tahun 2024”


Unggul maksudnya berkualitas, berkompeten, dan handal dalam menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional, dan menjadi pusat penelitian, pengembangan dan penyebarluasan ilmu Bahasa Prancis serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral akademik untuk mendukung pembangunan nasional agar terwujudnya kehidupan yang lebih baik.


Mandiri berarti memiliki sumber daya manusia yang tangguh, percaya diri, berdaya saing tinggi, dan mampu mengembangkan sistem manajemen dan pembiayaan secara otonom. Melalui visi ini PSBP mampu menghasilkan lulusan yang berkarakter, berkepribadian baik, dan memiliki kompetensi Bahasa Prancis yang handal dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.



Berbudaya artinya bahwa dalam pengembangan sumber daya manusia, lembaga, dan produk PSBP menjunjung tinggi nilai-nilai budaya akademik, nilai-nilai budaya tradisional, dan praktek-praktek berkehidupan yang berkembang didasarkan atas kejujuran dan kebenaran akademik dalam rangka mendukung pembangunan yang berkelanjutan agar terwujud kehidupan yang lebih baik. 

 

Misi

Misi Prodi Bahasa Prancis dirumuskan berdasarkan visi yang telah dipaparkan di atas. Misi yang dimaksud yaitu:

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat yang berkualitas tinggi dalam bidang Bahasa Prancis seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi serta sistem penjaminan mutu pada kurun waktu 5 tahun.
  2. Meningkatkan pendidikan yang mendorong pembentukan karakter peserta didik sehingga menghasilkan Sarjana Bahasa Prancis yang sujana dan mampu berpikir global dan bertindak sesuai dengan kearifan lokal serta mampu bersaing di dunia kerja baik pada tingkat nasional maupun internasional dalam kurun waktu 5 tahun.
  3. Mengembangkan kemitraan dengan institusi-institusi lain baik pemerintah maupun swasta, lokal, nasional, maupun internasional dalam hal peningkatan kapasitas lembaga, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan peningkatan peran serta dalam masyarakat.

 

Tujuan

Tujuan Prodi Prancis ialah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan S1 Bahasa Prancis yang berkualitas tinggi, memiliki kemampuan memadai dalam penguasaan Iptek, dan sesuai dengan SN Dikti berbasis pola ilmiah pokok kebudayaan, dan gayut dengan kebutuhan pembangunan nasional dan daya saing bangsa.
  2. Meningkatkan kompetensi dan kualitas akademik dosen, meningkatkan kualitas publikasi yang berguna untuk meningkatkan kualitas lulusan dan berguna bagi masyarakat
  3. Meningkatkan kemitraan antar lembaga di tingkat nasional maupun internasional guna memajukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat

 

Sasaran

  1. Menghasilkan lulusan S1 Bahasa Prancis yang berkualitas tinggi, memiliki kemampuan memadai dalam penguasaan Iptek, dan sesuai dengan SN Dikti berbasis pola ilmiah pokok kebudayaan, dan gayut dengan kebutuhan pembangunan nasional dan daya saing bangsa.
  2. Mewujudkan peningkatan kompetensi dan kualitas akademik dosen, peningkatkan kualitas publikasi yang berguna untuk meningkatkan kualitas lulusan dan berguna bagi masyarakat
  3. Mewujudkan peningkatkan kemitraan antar lembaga di tingkat nasional maupun internasional guna memajukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat

 

Strategi pencapaian

Strategi yang dilakukan untuk mencapai sasaran, yaitu:

  1. Melakukan program latihan pengembangan kepribadian dan kepemimpinan pada masa orientasi mahasiswa baru dan dilanjutkan secara tersamar selama masa perkuliahan.
  2. Melakukan program peningkatan mutu pendidikan bagi tenaga dosen untuk memperoleh pendidikan yang lebih tinggi
  3. Melakukan program peningkatan kualitas kurikulum untuk mencapai Standar Nasional Dikti.
  4. Melakukan program peningkatan mutu pembelajaran berbasis teknologi komunikasi dan informasi.
  5. Melakukan program peningkatan mutu penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
  6. Melakukan program peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen dan keterlibatan nmahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat
  7. Melakukan program peningkatan dan mengembangkan program kerjasama dengan lembaga-lembaga lain di dalam negeri maupun di luar negeri.
  8. Melakukan program peingkatan mutu sarana prasarana, khususnya peralatan pembelajaran