Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Fakultas Sastra Universitas Udayana memiliki visi (pandangan atau wawasan jauh ke depan) dan misi (tugas dan kewajiban yang harus dilakukan untuk memuliakan lembaga), dalam rangka mengimplementasikan atau mengisi visi yang digariskan.


Visi


Terwujudnya Fakultas Ilmu Budaya yang memiliki keunggulan dan kemandirian dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan aplikasi keilmuan yang berlandaskan kebudayaan.


Apabila visi di atas dijabarkan maka visi tersebut memiliki makna unggul, mandiri, dan berbudaya.

 

Unggul bermakna FIB Unud secara sadar menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional. Dengan keunggulan PIP Unud diarahkan menjadi lembaga pendidikan sarjana, magister, dan doktor terdepan, khususnya dalam hal pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melebihi standar nasional pendidikan Dikti.

 

Mandiri bermakna semua sumber daya manusia yang dihasilkan memiliki kepribadian tangguh, percaya diri, dan berdaya saing tinggi sehingga mampu mengembangkan diri secara mandiri. FIB Unud sebagai lembaga pendidikan sarjana harus memiliki otonomi dalam berbagai aspek terutama dalam mengembangkan sistem manajemen dan pembiayaan.

 

Berbudaya bermakna sumber daya manusia yang dihasilkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan kebenaran akademik, memiliki kepekaan yang tinggi terhadap masalah dan dinamika nilai-nilai budaya lokal, tradisi, dan praktek-praktek kehidupan di dalam masyarakat dalam rangka mendukung pembangunan kebudayaan nasional yang berkelanjutan serta mampu menggali dan mengembangkan nilai-nilai budaya lokal menjadi dijadikan puncak-puncak kebudayaan nasional dan global. FIB Unud diharapkan mampu menghasilkan luaran yang memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, dan kecerdasan spiritual.


Misi


Visi di atas dijabarkan menjadi empat misi, seperti berikut ini.


  1. Mengembangkan sistem pembelajaran berbasis kearifan lokal ditunjang teknologi komunikasi dan informasi, serta sistem penjaminan mutu yang memadai agar mampu menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri, dan berbudaya, serta memiliki kompetensi dan integritas yang tinggi sesuai dengan KKNI, tuntutan masyarakat lokal, nasional dan internasioanal.
  2. Mengembangkan penelitian dan kajian ilmiah unggulan sebagai “ujung tombak” agar mampu menghasilkan temuan baru yang berkualitas tinggi, bermanfaat bagi pengembangan Ipteks, dan bermanfaat bagi pembangunan masyarakat dalam upaya mewujudkan FIB Unud sebagai fakultas penelitian (research faculty) sesuai dengan SNDikti, perkembangan Ipteks untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan dunia.
  3. Menumbuhkan dan mengembangkan secara kuantitatif dan kualitatif kajian ilmiah dalam bentuk buku, artikel baik jurnal nasional, nasional terakreditasi, maupun internasional.
  4. Mengembangkan FIB Unud sebagai program unggulan untuk meningkatkan kredibilitas universitas di masyarakat dalam program pengabdian unggulan.