FIB Unud Menggelar Lokakarya Peninjauan Peta Jalan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat



Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana menyelenggarakan lokakarya “Peninjauan road map Penelitian dan Pengabdian” selama tiga hari Senin, 28 Juni hingga Rabu, 30 Juni 2021 secara daring melalui aplikasi webex dan luring dari kampus setempat.


Kegiatan ini diikuti oleh Korprodi, tim Task Force, serta perwakilan dosen di lingkungan FIB Unud, jumlahnya mencapai 60 orang.



 

Dekan FIB Unud, Dr. Made Sri Satyawati, M.Hum. dalam sambutannya ketika membuka lokakarya menyambut baik kegiatan ini.


Sesuai dengan Peta Jalan

Dekan FIB Unud ini menjelaskan bahwa dalam rangka implementasi Standar Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana maka pelaksanaan penelitian harus sesuai dengam Road Map Penelitian Fakultas dan atau road map Penelitian Prodi.


“Pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mesti mengedepankan unggulan masing-masing program studi,” ujarnya.



 

Selain itu, Dekan FIB juga mengingatkan agar setiap penelitian dosen supaya melibatkan mahasiswa guna melatih dan mengasah kepekaan meneliti mahasiswa serta mempercepat proses penyelesaian studi mahasiswa.


Hasil penelitian di FIB harus diarahkan untuk mengembangkan ilmu-ilmu bahasa, sastra, dan budaya. “Yang tak kalah pentingnya adalah agar riset kita dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa sesuai dengan RIP dan skema penelitian FIB,” jelas Dekan FIB Unud.


“Materi penelitian harus menunjang mutu proses pembelajaran di FIB Unud,” tambahnya.


Sinkronisasi

Ketua panitia sekaligus ketua UP2M FIB Unud, Dr. I Made Netra menyatakan bahwa lokakarya ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sinkronisasi pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.



 

“Roadmap penelitian dan pengabdian sudah berakhir tahun 2021 sehingga sudah barang tentu kita harus perbaharui dengan cara meninjau dan menyusunnya menjadi yang baru,” jelas dosen Prodi Sastra Inggris ini.

 

Penyusunan Roadmap ini diawali dengan penyusunan SOP dan check list pengajuan proposal penelitian sebagai pangkalan data monev penelitian termasuk di dalamnya perencaanan pelaksanaan dan monev.

 

Hari pertama merupakan pemaparan materi dan diskusi bersama dari dua narasumber yaitu, Sekretaris LPPM Unud Prof. Dr. Drh. I Nyoman Suarsana, M.Si. dan Koordinator Pusat Penelitian Kebudayaan Unud sekaligus dosen Prodi Sastra Indonesia, Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt.


Peta Jalan Riset dan TKT

Sekretaris LPPM Unud, Prof. Suarsana dalam materinya yang berjudul “Penyusunan Road Map Penelitian dan TKT” menyatakan bahwa arah kebijakan dalam pengelolaan penelitian di Unud dituangkan di dalam Rencana Induk Penelitian Unud yang di dalamnya memuat peta jalan (road map) penelitian yang telah ditentukan oleh institusi melalui LPPM Unud.

 

Dalam Rencana Induk Penelitian (RIP) 2017-2021 Unud memformulasikan 4 bidang unggulan dari 10 bidang penelitian sebelumnya, yaitu 1) Pariwisata, Ekonomi, dan Sosial Budaya; 2) Ketahanan Pangan, Energi, dan Lingkungan; 3) Kesehatan dan obat-obatan; 4) Infrastruktur, Material, dan Teknologi Informasi.


Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) setiap riset juga dipaparkan dalam presentasi Sekretaris LPPM Unud itu.


Sumber Inspirasi Tema Riset

Prof. Darma dalam materinya yang berjudul “Riset Publikasi Aplikasi Arah dan Kebijakan Penelitian Kebudayaan Lima Tahun 2022-2026” menyampaikan lima sumber inspirasi riset, yaitu (1) Bidang ilmu: teori dan trend riset; (2) Kemajuan teknologi, industri 4.0, Internet of Thing, Artificial Inteligent, dst.; (3) Krisis pandemic, dampak sosial budaya, recovery, dan implikasinya; (4) Regulasi; dan (5) gerakan Literasi. Tiap-tiap sumber inspirasi tema dan topik riset itu dijelaskan dengan rinci.




“Regulasi merupakan ketentuan yang memengaruhi kehidupan sosial budaya, dampak dari kebijakan itu tentu perlu dikaji sehingga bisa memberikan masukan kepada pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi implikasi dari regulasi yang ada,” ujar Prof. Darma.


Pleno dan Penutupan

Kegiatan ditutup pada hari ketiga dengan Rapat Pleno penyusunan Road Map Penelitian dan Pengabdian Program Studi yang dipimpin oleh Ketua UP2M FIB Dr. Made Netera.


Acara lokakarya ditutup oleh WD 1, I Nyoman Aryawibawa, Ph.D. yang menyampaikan terima kasih atas kerja keras tim UP2M FIB dan tim task force prodi yang secara maraton menyusun peta jalan penelitian fakultas (dm).