Dosen Universitas Muhammadiyah Malang Raih Doktor Linguistik di FIB Universitas Udayana
Doktor Fardini Sabilah (tengah) baru berfoto bersama penguji usai ujian, Jumat, 23 Maret 2018.
Program Studi Doktor (S3) Ilmu linguistik, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana menggelar ujian terbuka/ promosi Doktor atas nama Fardini Sabilah, S.Pd., M.Pd., Jumat, 23 Maret 2018, beretempat di ruang Ir. Soekarno kampus setempat.
Fardini Sabilah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Kompetensi Interkultural Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar". Dosen Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, ini lulus dengan predikat sangat baik.
Fardini merupakan Doktor ke-39 di FIB Universitas Udayana dan Doktor ke-132 di Prodi Doktor Ilmu Linguistik FIB Universitas Udayana.
Suasana ujian promosi doktor.Tim Penguji
Ketua penguji sekaligus promotor pada ujian terbuka kali ini adalah Dekan FIB Universitas Udayana, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A. Anggota penguji terdiri dari Prof. Dr. Made Budiarsa, M.A., (Kopromotor I); Prof. Dr. Drs. Ida Bagus Putra Yadnya, M.A. (Kopromotor II); Prof. Dr. I Nengah Sudipa, M.A.; Dr. Emalia Iragiliati, M.Pd.; Dr. I Nyoman Udayana, M.Litt.; Dr. Ida Ayu Made Puspani, M.Hum.; dan Dr. Made Sri Satyawati, M.Hum.
Kompetensi Interkultural
Dalam disertasinya, Fardini menyampaikan, kompetensi Interkultural pada pelajaran bahasa Inggris di tingkat SD sangat dibutuhkan sebagai dasar bagi kemampuan berinteraksi menggunakan bahasa asing.
Promotor Prof. Sutji menyerahkan tanda lulus kepada doktor baru.Kemampuan tersebut, menurut Fardini, tidak hanya mencakup keterampilan sosial, tetapi juga untuk melatih sensitifitas dan pemahaman terhadap nilai, cara pandang, cara hidup dan berpikir bahasa target, serta kemandirian dalam mengkomunikasikan nilai dan cara pandang dirinya dengan benar.
Kompetensi interkultural di tingkat SD harus disesuaikan dengan karakteristik siswa, kebutuhan belajar, tingkat kemampuan, dan cara belajarnya," katanya.
Para undangan.Penelitian Fardini merupakan penelitian Research and Development (riset dan pengembangan) yang merupakan penelitian dengan tujuan menghasilkan sebuah desain pembelajaran.
Subjek penelitian adalah guru bahasa Inggris dan siswa kelas IV, V, dan VI SDN Bunulrejo 2 Malang.
Dr. FardiniDesain Perencanaan Pembelajaran
Temuan empiris dari penelitian Fardini adalah menghasilkan desain perencanaan pembelajaran kompetensi interkultural pada pembelajaran bahasa Inggris di SD.
"Desain pembelajaran berjumlah 12 perencanaan yang terdiri atas empat perencanaan untuk masing-masing kelas (kelas IV, V, dan VI)," kata Fardini.
Hadirin saat ujian terbuka.Desain tersebut berupa perencanaan pembelajaran yang terdiri atas tiga komponen dasar, yaitu bentuk-bentuk lingual berupa satuan leksikon dan gramatika, topik-topik pembelajaran yang mengarah pada pembelajaran kompetensi interkultural, dan wujud makna, fungsi, dan jenis tindak tutur.
Strategi eksplorasi interkultural yang dapat diusulkan oleh Fardini untuk diterapkan pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas yaitu: 1) interacting or transacting, 2) registering politeness, 3) timing and listening, dan 4) looking and learning.
Para undangan.Makna Disertasi
Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A. selaku promotor menyampaikan bahwa doktor baru ini adalah sosok mahasiswa yang sangat ulet, tekun, cerdas, dan disiplin.
Prof. Sutji menyatakan bahwa disertasi Dr. Fardini Sabilah sederhana tetapi menukik.
"Belajar bahasa asing juga harus mempelajari budayanya, mengajar bahasa asing bukan mengajarkan bentuk tetapi makna melalui pendekatan pragmatik atau communicative approach,"ujar Prof. Sutji.
Buku desain pembeljaran.Dari temuan disertasi, Fardini membuat desain perencanaan pembelajaran yang penyusunannya telah disesuaikan dengan usia anak didik yang ditargetkan. "Kompetensi Interkultural mutlak harus dimiliki seorang pembelajar bahasa asing," ujar Pof. Sutji.
Acara promosi doktor berlangsung lancar, dihadiri mahasiswa, kolega, dan keluarga promovenda (Tim WEB FIB).
UDAYANA UNIVERSITY