Rombongan ziarah membacakan doa secara bersama-sama


Sivitas akademika Fakultas Ilmu Budaya Unud kembali menggelar ziarah ke makam Dr. R.Goris. Kegiatan berziarah dan tabur bunga ini dilaksanakan pada Jumat, 21 September 2018 di Pemakaman Mumbul Nusa Dua.


Berziarah ke makam Dr. Goris adalah asalah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap kegiatan HUT FIB Unud. Hal ini dikarenakan Dr. Goris adalah salah satu ilmuwan yang turut andil dalam merintis berdirinya Fakultas Sastra dan kini berubah menjadi Fakultas Ilmu Budaya.



Dr. Made Ratna Dian Aryani, S.S., M.Hum., bersama rombongan saat berziarah ke makam Dr. R. Goris


Mengenang Jasa dan Keteladanan


 Dr. Goris merupakan ilmuwan yang banyak meneliti dan menulis tentang kebudayaan Bali, arkeologi, dan sastra tradisional di Bali. Perannya mengembangkan khasanah penelitian bagi Fakultas Ilmu Budaya sangat besar. Beliau juga memiliki andil yang besar dalam membangun dan mengembangkan Perpustakaan Lontar Gedong Kirtya di Singaraja.


Hasil-hasil penelitian Dr. Goris kini banyak tersimpan di perpustakaan S1 Fakultas Ilmu budaya maupun di Perpustakaan Kajian Budaya. Hingga saat ini, tulisan-tulisan beliau masih menjadi rujukan wajib bagi peneliti budaya Bali, baik dalam negeri maupun peneliti asing. Bahkan Dr. Goris sempat mendapat penghargaan “the man of the century” dari Universitas Leiden.


Rombongan dalam rangka berziarah ke makam Dr. Goris tahun ini dipimpin oleh Dr. Made Ratna Dian Aryani, S.S., M.Hum. “Kegiatan ziarah ini bertujuan mengenang jasa Dr. Goris, sebagai seorang cikal bakal ilmuwan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana agar keteladanan beliau selalu akan menjadi semangat bagi kita semua, “ ungkap Dr. Dian selepas kegiatan berziarah.


Kegiatan berziarah ini turut melibatkan para dosen, pegawai serta mahasiswa FIB Unud. Sehingga semangat untuk mengenang keteladanan beliau dapat dirasakan bersama. Selain membersihkan makam, tabur bunga, pembacaan doa juga dilakukan untuk menutup kegiatan berziarah ini.



Rombongan  ziarah menaburkan bunga pada makam Dr. R Goris



(Made Ratna Dian Aryani/I Gede Gita Purnama)