Fakultas Ilmu Budaya Menggelar Persiapan Lokakarya dalam Rangka Mempersiapkan Kuliah Merdeka Belajar

 


Fakultas Ilmu Budaya menggelar lokakarya kurikulum terkait dengan kebijakan Kemendikbud tentang Kampus Merdeka. Lokakarya diselenggarakan pada, Senin, 6 Juli 2020 di kampus setempat. Lokakarya dipimpin oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Made Sri Satyawati, M.Hum.


Kegiatan Persiapan Lokakarya ini merupakan tindak lanjut atas program Kemendikbud yaitu Kampus Merdeka. Persiapan lokakarya ini dihadiri oleh seluruh ketua Program Studi S1 di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya.




Dalam sambutan pembukaan rapat, Dekan FIB menyampaikan agar semua Prodi di lingkungan FIB Unud mempersiapkan segala keperluan untuk mendukung Program Merdeka Belajar. “Mempersiapkan kurikulum tentu saja menjadi salah satu kewajiban kita untuk menyesuaikan dengan Program Merdeka Belajar. Meski dengan waktu yang sangat singkat, saya yakin kita bisa mendukung kebijakan pemerintah ini,” ungkap Dr. Sri Satyawati.


Persiapan lokakarya kurikulum untuk di masing-masing Prodi S1 terkait program Kampus Merdeka diawali dengan rapat bersama program terbaru Kemendikbud ini pada seluruh sivitas FIB Unud. Rapat bersama yang dilakukan pada 15 Juni 2020, secara daring dan dipimpin oleh Wakil Dekan I, I Nyoman Arya Wibawa, M.A., Ph. D.


Rapat bersama ini adalah salah satu bentuk sosialisasi program Kampus Merdeka yang menjadi salah satu program unggulan Kemendikbud untuk memajukan sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Pada rapat bersama tersebut diikuti oleh seluruh dosen yang ada di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya.


Selanjutnya Dekan seluruh Fakultas Ilmu Budaya di Indonesia melakukan webinar yang bertujuan utnuk mendiskusikan program Merdeka Belajar ini. Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unud, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., menjadi salah satu pembicara dalam acara webinar tersebut bersama Prof. Dr. Multamia dari FIB UI, dan Prof. Dr. Fathu Rahman, M.Hum dari FIB UNHAS.




Persiapan Lokakarya Kurikulum Prodi


Kebijakan Merdeka Belajar yang dikeluarkan oleh Kmendikbud melalui Permendikbud No.3 Tahun 2020, mendorong seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk membuat terobosan baru dalam sistem pendidikan. Atas kebijakan inilah, Fakultas Ilmu Budaya turut bergerak cepat mempersiapkan segala sesuatunya guna mendukung program pemerintah.


Masing-masing Prodi S1 di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya diharapkan segera menyiapkan kurikulum yang dapat disesuikan dengan Program Merdeka Belajar. Fakultas telah menyiapkan mata kuliah wajib yang dapat dipilih oleh masing-masing Prodi S1 untuk disesuaikan dengan kurikulum di prodi masing-masing.




Sesuai dengan Buku Panduan Dikti, Program Merdeka Belajar dimulai dari semester 4 sampai dengan semester 7. Untuk itulah masing-masing Prodi harus menyesuaikan kurikulumnya agar kompetensi inti di masing-masing prodi dapat terintegrasi pada Program Merdeka Belajar. Komitmen seluruh Prodi S1 di lingkungan FIB Unud untuk mensukseskan Program Merdeka Belajar sangat tinggi.


Sehingga pada lokakarya kurikulum di masing-masing Prodi S1 akan dibicarakan penyusunann kurikulum yang tetap mampu memberikan kompetentsi inti prodi, serta pengalaman baru bagi mahasiswa yang akan mengambil Program Merdeka Belajar. (gita)