Peserta lokakarya berfoto bersama narasumber Prof. I Nyoman Darma Putra (tengah) dan Wakil Dekan I Prof. I Nyoman Suparwa (kemeja biru, tengah) usai acara.

 

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana menyelenggarakan “Lokakarya Penyusunan Berita Tingkat Dasar untuk Web Fakultas Ilmu Budaya”, Kamis, 2 Mei 2019 bertempat di ruang Ir. Soekarno kampus setempat. Lokakarya ini diikuti dengan antusias oleh 22 orang peserta, yang terdiri dari wakil dosen tiap Prodi, Kanaka (komunitas jurnalistik mahasiswa FIB), serta anggota pengelola web FIB Unud. 

 

Sebagai narasumber pada lokakarya kali ini adalah Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt., guru besar di bidang Sastra Indonesia, yang berpengalaman sebagai jurnalis lebih dari 30 tahun mulai dari Bali Post dan di media lain.

 

Berbasis Web

Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan I FIB, Prof. Dr. I Nyoman Suparwa, M.Hum. Prof Suparwa mengatakan bahwa saat ini kinerja fakultas adalah kinerja berbasis WEB.


Wakil Dekan I Prof. I Nyoman Suparwa.

 

“Idealnya setiap prodi memiliki web, sehingga web fakultas merupakan perpanjangan tangan dari masing-masing prodi,” ujarnya.

 

“Langkah ini tidak bisa dilakukan oleh satu orang, tiap prodi harus mendukung. Bagaimana membangun kesadaran yang kelihatannya kecil dan sederhana, namun sangat bermanfaat,” tambahnya.

 

Salah satu manfaat menulis berita di web FIB menurut Prof Suparwa adalah, pada saat pelaporan kinerja prodi akan menjadi mudah. Berita di web ini juga berguna sebagai media pelaporan kegiatan fakultas kepada pimpinan universitas. Tentunya web fakultas akan bermanfaat pula pada saat akreditasi prodi secara online.


Peserta lokakarya.

 

 “Kami mengharapkan peserta kegiatan ini dapat menulis berita kegiatan prodi dan kegiatan fakultas, walaupun hanya satu dua paragraf, yang penting esensi, unsur-unsur berita terpenuhi,” harapnya.

 

Image Value

Menurut Prof. Darma Putra, berbeda dengan berita koran yang mengutamakan news value (nilai berita). Untuk berita yang dimuat dalam web yang ditonjolkan adalah image value (nilai citra). Berita lembaga di web adalah untuk promosi untuk lembaga, dalam hal ini program studi, fakultas, atau universitas.


Narasumber Prof. I Nyoman Darma Putra.

 

“Bagaimana berita dapat disampaikan secara sederhana, dikemas dengan baik, untuk mempromosikan lembaga,” jelasnya.

 

Prof. Darma juga menjelaskan bahwa berita yang baik wajib disertai ilustrasi foto yang baik, dalam arti tajam, indah, dan representatif dengan isi berita.

 

Pada kesempoatan lokakarya, Prof. Darma menjelaskan dasar-dasar penulisan berita, dengan bahasa yang lugas, sederhana, langsung sehingga mudah dibaca dan mudah dituturkan kembali.

 

“Judul dan paragraf pertama harus berhubungan erat. Pergunakan ungkapan yang umum, pergunakan pula kutipan langsung dari narasumber. Utamakan fakta, hindari opini,” tambah Prof. Darma.

 

Dalam lokakarya, banyak pertanyaan mengenai teknik penulisan berita dan strategi untuk publikasi. Misalnya, ada pertanyaan mengenai apakah peristiwa yang sudah lewat bersifat basi untuk publikasi di web, apakah judul berita web boleh mengecoh seperti judul-judul berita online?


I Ketut Ngurah Sulibra

 

Menanggapi pertanyaan tersebut, Prof. Darma menyampaikan bahwa sebaiknya berita ditulis dan ditayangkan di web secepat mungkin.

 

“Tapi, kalau telat beberapa hari, tidak masalah karena bukan news value yang diperlukan, tapi news image, untuk promosi. Sayang berita kegiatan prodi dibuang tak dimuat, sebaiknya tetap dimuat walau telat,” ujarnya.

 

Lokakarya dilanjutkan dengan praktik oleh peserta menulis berita (TIM Web FIB).