Semarak Perayaan HUT FIB Unud Ke-61 dan BK FIB Ke-38


Puncak perayaan HUT FIB dan BK FIB ditandai dengan peniupan lilin dan potong kue HUT (foto-foto dm)


Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana dengan semarak merayakan HUT Ke-61 dan BK (Badan Kekeluargaan) ke-38 FIB dengan tema “Menjadikan Fakultas Ilmu Budaya Unud Institusi yang Kreatif, Inovatif, Unggul, dan Mandiri dalam Budaya Lokal, Nasional, dan Global” Senin, 23 September 2019 bertempat di Aula Widya Sabha Mandala kampus setempat.


Suasana apel bendera.

 

Kegiatan diawali oleh upacara bendera di halaman kampus Jalan Nias Denpasar dan dilanjutkan dengan acara puncak yang diikuti segenap civitas akademika FIB termasuk mahasiswa asing yang kuliah di FIB Unud.


Civitas akademika FIB dan para undangan dari ingkungan Unud.

 

Acara resepsi HUT dihadiri Rektor Unud yang diwakili WR II, Prof. Dr. I Gusti Bagus Wiksuana, SE.,MS., serta undangan para dekan di lingkungan Unud. Acara resepsi perayaan HUT FIB dibuka dengan pementasan Tari Saraswati, tari kebesaran FIB Unud, dan puncaknya adalah pemotongan kue HUT.


Hiburan dari mahasiswa asing yang kuliah di FIB Unud.


Dalam acara tersebut juga diserahkan penghargaan kepada dosen berprestasi, dosen yang menyelesaikan pendidikan S-3, pegawai dan mahasiswa berprestasi, dan staff yang memasuki masa purnabhakti.  Acara dimeriahkan dengan pementasan tari-tarian dan musikalisasi puisi.


Civitas yang menerima apresiasi sehubungan dengan pensiun, menyelesaikan studi, dan prestasi.

 

Fakultas Tertua


Wakil Rektor II Unud, Prof. Wiksuana dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada FIB Unud untuk HUT-nya dan mendorong FIB sebagai fakultas tertua untuk menyusun langkah-langkah strategis menyiapkan SDM unggul untuk menghadapi era 4.0 yang ditandai dengan internet of things, big data, dan artificial intelligent.


Pimpinan FIB, Unud, undangan, dan civitas yang hadir.

 

Prof Wiksuana menyampaikan, menghadapi revolusi industri 4.0 ini, Unud bertekad menyiapkan SDM yang unggul. Ciri SDM unggul adalah memiliki budaya kerja yang ditandai oleh kecepatan, kecermatan, kolaborasi, dan sinergi dengan berbagai pengampu kepentingan.

 

“Ini sesuai dengan semangat motto Unud Taki-takining Sewaka Guna Widya, yang berarti ‘bersungguh-sungguh mengabdi kepada Kebajikan dan Ilmu Pengetahuan,” ujar Prof. Wiksuana.


Dekan FIB Unud Prof. Dr. Sutjiati Beratha, M.A.

 

Kinerja Akademik FIB

 

Dekan FIB Unud, Prof. Dr. Luh Sutjiati Beratha,M.A., dalam sambutannya menyampaikan beberapa pencapaian kinerja akademik FIB dalam setahun terakhir, termasuk ihwal penjaminan mutu akademik dan FIB business centre.


Civitas yang hadri dalam puncak perayaan HUT FIB.

 

Di bidang akademik, Dekan Prof Sutji menyampaikan bahwa FIB sudah memiliki dokumen baku mutu yang ditetapkan 21 Juni 2019 lalu, peta jalan penelitian, dan pencapaian menggembirakan dalam rekakreditasi. FIB juga sudah memiliki mata kuliah yang ditawarkan dengan sistem e-learning dengan blended (paduan tatap muka dan e-learning), dan klinik jurnal untuk mendorong staf dalam proses pengajuan jabatan guru besar.


Informasi bidang akademik lain yang disampaikan Dekan FIB adalah mengenai akreditasi prodi.

 

“Sudah lima prodi mendapat visitasi reakreditasi dan 4 di antaranya mendapat nilai unggul A, satu lagi nilai B,” ujar Prof. Sutji. Keempat prodi yang mendapat nilai A adalah Antropologi, Arkeologi, Sejarah, dan Jawa Kuna, sedangkan nilai B adalah Prodi Sastra Bali. Masih ada tiga prodi yang menunggu visitasi, yaitu Prodi Sastra Indonesia, dan S-2 dan S-3 Kajian Budaya.

 

Dalam sambutannya, Dekan juga menyampaikan persiapan Prodi Sastra Inggris mengikuti akreditasi akreditasi internasional, AUN-QA.


“Terima kasih atas kerja keras semua civitas atas kerja samanya dalam pengembangan institusi,” ujarnya.

 

Rangkaian Kegiatan BKFIB


Perayaan HUT FIB dan BK dilaksanakan hampir seminggu dengan kegiatan akademik, olah raga, sosial, ziarah, dan seni budaya.


Ketua Panitia HUT, Dr. Made Ratna Dian Aryani, S.S.,M.Hum., menyampaikan rangkaian kegiatan BKFIB diawali dengan kegiatan akademik berupa lokakarya master class dan koferensi internasional, yaitu Internasional Conference on The Austronesia and Papua Word (ICAPAW) pada tanggal 5-14 September 2019 dengan ketua penyelenggara Dr. I Made Netra, M.Hum.

 

Suasana pembukaan seminar internasional.

Hari Kamis, 19 September 2019 dilaksanakan kegiatan peluncuran buku sebanyak 22 buku yang merupakan hasil karya para dosen FIB Universitas Udayana, Orasi Ilmiah yang disampakaian oleh Dr. I G AG Sosiowati, M.A. dengan judul orasinya “Bahasa dan Kesatunan”.


Ceramah kesehatan mengenai Dampak Kaner Servix yang disampaikan oleh dr. I Gede SastraWinata, Sp. OG. M.Bio.Med (K) Onk dari poli kandungan RSUP Sanglah Denpasar.

 

Kegiatan jalan santai dilaksanakan Jumat, 20 September dilanjutkan dengan pentas budaya. Panitia juga menggelar kegiatan donor darah yang diikuti 51 pendonor darah. Pameran dengan tema “360 degrees Experience The Site of Balinese Cosmology”.


Kunjungan ke Panti Sosial Tuna Wisma Wana Seraya yang berlokasi di Kesiman, Kertalangu Denpasar dengan melibatkan Dharma Wanita FIB dan Ziarah ke makam Dr. Goris di Mumbul Jimbaran.

 

Masih dalam rangkaian perayaan HUT, FIB juga akan menggelar Seminar Nasional Bahasa dan Budaya (SNBB) yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 oktober dengan ketua Dra. Anak Agung Ayu Rai Wahyuni, M.Si. (dm)