FIB Unud Menerima Kunjungan dari SMA Muhammadiyah 8 Ciputat Jakarta dalam Rangka Program Goes to Campus

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana pada hari Rabu, 16 Oktober 2024, menerima kunjungan dari SMA Muhammadiyah 8 Ciputat Jakarta. Kunjungan tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari program Goes to Campus, yang merupakan agenda tahunan SMA Muhammadiyah 8 Ciputat Jakarta. Sejumlah 135 siswa kelas XI dan 15 Guru Pendamping diterima oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana, yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Perencanaan, Dr. I Gede Oeinada, S.S., M.Hum., Ketua Unit Pengelola Informasi dan Kerjasama Fakultas, Nissa Puspitaning Adni, S.S., M.Hum., dan PIC Kerjasama Program Studi Sastra Jawa Kuno, Dewa Ayu Carma Miradayanti, S.S., M.Hum., di ruang Auditorium Widya Sabha Mandala Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Kampus Denpasar.


Bentuk kegiatan kunjungan ini bertujuan agar siswa mendapatkan penjelasan mengenai profil fakultas dan prodi, diskusi dan tanya jawab, serta melakukan pengamatan terhadap fasilitas dan operasional kampus. Materi Pengenalan Fakultas dan Prodi dibawakan secara apik oleh Dewa Ayu Carma Miradayanti, S.S., M.Hum., yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Kegiatan berlangsung interaktif. Para siswa dan guru aktif melontarkan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan fakultas dan prodi. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan di antaranya, seputar fasilitas, sarana dan prasarana kampus, beasiswa, dan juga prospek kerja bagi lulusan Fakultas Ilmu Budaya. Sebagian siswa juga menunjukkan ketertarikan yang lebih pada prodi Sastra Jawa Kuno, Sastra Jepang dan Arkeologi, terutama beforkus pada kegiatan dan ilmu apa sajakah yang didapat jika seandainya bergabung ke dalam prodi-prodi tersebut, apa sajakah yang perlu disiapkan dan jalur apa sajakah yang bisa ditempuh.


Kunjungan ini merupakan hal yang baik bagi kedua belah pihak. Bagi pihak FIB, hasil dari kegiatan ini merupakan bagian dari upaya FIB untuk melakukan promosi dan pengenalan lebih dekat kepada calon-calon mahasiswa dan sekaligus informasi yang diberikan dapat disampaikan secara langsung dengan lebih akurat dan tepat sasaran. Sementara itu, bagi pihak sekolah, program ‘goes to campus’ ini tentunya dapat menambah wawasan dan membantu siswa untuk menentukan pilihan melanjutkan ke jenjang strata-1 pada jurusan yang mereka minati.