Magang Bersertifikat Semester Ganjil 2024



Magang Bersertifikat adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di program Magang Bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata selama 1-2 semester. Satu SKS magang setara dengan 2720 (dua ribu tujuh ratus dua puluh) menit kegiatan magang, sehingga 20 SKS magang setara dengan 54400 (lima puluh empat ribu empat ratus) menit kegiatan magang atau 906,67 jam atau setara dengan kurang lebih selama 5,66 bulan (1 semester). Pelaksanaan kegiatan magang sesuai dengan bobot SKS tersebut akan memperoleh konversi sebesar 20 SKS. Dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skills maupun soft skills yang akan menyiapkan mahasiswa agar lebih mantap untuk memasuki dunia keria dan karirnya.


 Yang akan kamu dapatkan dari kegiatan Magang

  1. Keberlanjutan karir
    Peluang yang lebih besar untuk diterima sebagai karyawan di tempat magang
  2. Keterlibatan langsung dan mendalam
    Pengalaman kerja yang berharga untuk digunakan setelah lulus dari Universitas
  3. Gambaran nyata dunia bekerja
    Pengetahuan tentang praktik terbaik dalam Industri dan Sektor yang diminati
  4. Bangun dan perluas koneksi
    Jaringan dan hubungan dalam industri tempat magang


Saat ini, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana secara aktif menjalin kerja sama dengan berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta guna memfasilitasi pelaksanaan magang bersertifikat. Instansi mitra kerja sama FIB Unud yang siap menerima mahasiswa pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 untuk pelaksanaan magang antara lain:

1. Dinas Kebudayaan Pemerintah Kota Denpasar

Bergerak di bidang kebudayaan, Dinas Kebudayaan Pemerintah Kota Denpasar memberi peluang kepada mahasiswa FIB Unud untuk melaksanakan magang pada semester genap ganjil tahun ajaran 2024/2025 mendatang. Dinas Kebudayaan Pemkot Denpasar menawarkan kesempatan untuk belajar dan bekerja secara langsung menangani hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan, pelestarian, pembinaan, dan pengembangan budaya Bali, khususnya di kota Denpasar. Jumlah kuota mahasiswa yang akan diterima Dinas Kebudayaan Kota Denpasar maksimal 15 orang dari Prodi Antropologi Budaya, Ilmu Sejarah, Arkeologi, Sastra Bali, dan Sastra Jawa Kuna.

2. Balai Bahasa Provinsi Bali

Balai Bahasa Provinsi Bali kembali membuka peluang magang bagi mahasiswa FIB Unud pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Jumlah kuota mahasiswa yang akan diterima oleh Balai Bahasa Provinsi Bali adalah maksimal 7 orang.

3. LPP Radio Republik Indonesia Denpasar

LPP RRI Denpasar menawarkan posisi magang bagi mahasiswa FIB Unud yang berminat belajar sekaligus memperoleh pengalaman bekerja di bidang penyiaran. Jumlah kuota mahasiswa yang akan diterima LPP Radio Republik Indonesia Denpasar adalah maksimal 8 orang.

 

4. Bali Japan International College

Khusus untuk mahasiswa Program Studi S1 Sastra Jepang, Bali Japan International College (Bali Japanic) membuka peluang magang untuk memperoleh pengalaman kerja di bidang Human Resources Development dan Management Industry khususnya bagaimana menjadi Professional Japanese Instructor, Professional Marketing Officer, dan Professional Office Administrator. Adapun persyaratan yang tentukan adalah:

a. Merupakan mahasiswa semester 5 dan 7 pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025

b. Memiliki sertifikat JLPT N4

c. Memiliki passion di industri yang berhubungan dengan Jepang.

5. Dinas Kebudayaan Provinsi Bali

Dinas Kebudayaan Provinsi Bali kembali membuka peluang magang bagi mahasiswa pada semester ganjil 2024/2025 mendatang. Dinas Kebudayaan Provinsi Bali menawarkan kesempatan untuk belajar dan bekerja secara langsung menangani hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan, pelestarian, pembinaan, dan pengembangan budaya Bali. Selain ditempatkan di Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, mahasiswa juga akan ditempatkan di beberapa UPTD yang berada di bawah pengawasan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. Berikut beberapa lokasi penempatan mahasiswa:

· UPTD Monumen Perjuangan Rakyat Bali 3 orang

· UPTD Taman Budaya 3 orang

· UPTD Museum Bali 3 orang

· Bidang Sejarah dan Dokumentasi Kebudayaan 2 orang

· Bidang Cagar Budaya dan Permuseuman 2 orang

· Bidang Tradisi dan Warisan Budaya 2 orang

· Bidang Kesenian 2 orang

6. Hanging Garden Ubud

Bagi mahasiswa yang ingin belajar tentang dunia perhotelan, Hanging Garden Ubud menawarkan kesempatan magang bagi mahasiswa di semester genap ini. Mereka membuka kesempatan pada posisi HRD sebanyak 1 orang dan Sales Marketing 1 orang.

7. Artotel Sanur

Artotel membuka peluang magang bagi mahasiswa Sastra Inggris yang ingin mengetahui serta belajar mengenai dunia perhotelan. Jumlah mahasiswa yang akan diterima oleh Artotel Sanur adalah 20 orang.

8. The Bali Florist

The Bali Florist merupakan salah satu toko bunga dan butik artisanal yang terletak di daerah Sanur, Denpasar. Semester ini The Bali Florist membuka peluang bagi mahasiswa yang ingin belajar tentang teknik merangkai bunga. The Bali Florist membuka lowongan untuk posisi florist administrative dan customer service officer.

9. Kantor Bahasa Nusa Tenggara Barat

Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah unit pelaksana teknis di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kantor Bahasa Provinsi NTB mempunyai tugas pokok, yakni melaksanakan pengkajian dan pemasyarakatan bahasa dan sastra khususnya di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pada semester ganjil ini Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat membuka peluang untuk 2 orang mahasiswa yang ingin mendalami bidang Bahasa dan sastra khususnya di wilayah Nusa Tenggara Barat.

10. Center for Young Scientist

CYS merupakan sebuah lembaga yang mempunyai misi untuk mendorong penelitian di tingkat sekolah dasar dan menengah. Selain itu CYS juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pendampingan serta membangun suasana penelitian bagi calon peneliti-peneliti belia. Bagi kalian yang ingin mengasah kemampuan di bidang penelitian pada semester ini CYS membuka peluang sebanyak 2 orang mahasiswa untuk berlatih meneliti dan menulis, belajar cara membuat logbook, serta mengolah data.

Ketentuan magang 2024 di CYS:

1. Dapat bekerja dengan Google Drive

2. Dapat menggunakan Canva

3. Dapat menggunakan CapCut atau aplikasi video editor lain.

4. Bersedia bekerja WFH selama hari kerja.

5. Bersedia bekerja WFO ketika diperlukan (di Denpasar).

6. Bersedia bekerja full time dalam tim kepanitiaan ketika terdapat event (di Bali).

Jobdesk magang 2024 di CYS:

1. Melakukan Data Analisis (bekerja dengan data).

2. Membuat materi media sosial.

3. Membantu Webinar sebagai admin.

4. Membantu event offline sebagai panitia.

 

 

Persyaratan

1. Mahasiswa FIB Unud dan berada pada semester 5 atau 7 pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 dan belum pernah atau sedang mengikuti MBKM.

2. Mendaftarkan diri melalui tautan berikut. Pendaftaran dibuka pada tanggal 25 Juni – 6 Juli 2024 melalui tautan berikut ini: https://bit.ly/MagangMandiri_FIBUnud_Ganjil2024

3. CV

4. Surat Pengantar dari PA

5. Surat Pernyataan

6. Transkrip nilai sementara.