Prodi Sastra Indonesia FIB Unud bekerja sama dengan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMK Adakan Seminar Nasional

Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana bekerja sama dengan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Muria Kudus mengadakan seminar nasional yang dilaksanakan secara Hybrid dengan tema "Literasi Kajian Sastra dalam Perspektif di Era Digital" yang diadakan di Widya Sabha Mandala di Fakultas Ilmu Budaya pada Jumat, 11 Oktober 2024.


Seminar Nasional ini dihadiri oleh para dosen Sastra Indonesia, para mahasiswa prodi Sastra Indonesia, dan para mahasiswa dari Universitas Muria Kudus. Selain itu, Seminar ini dihadiri oleh 4 Narasumber, yaitu Dr. Luthfa Nugraheni, M.Pd dari Universitas Muria Kudus, Dr. Drs. Ida Bagus Jelantik SP, M.Hum. dari Universitas Udayana, Dr. Resdiyanto Permata R., M.Pd. dari Universitas Negeri Surabaya dan Eva Ardiana Indrariani S.S., M.Hum. dari Universitas PGRI Semarang.

 

Sesi pemaparan materi dimulai dengan pemaparan oleh Dr. Luthfa Nugraheni yang berjudul "Pembelajaran Sastra Anak Pada Era 5.0" yang membahas tentang perkembangan pembelajaran sastra anak yang semakin pesat di era digital ini dan digitalisasi sastra anak perlu didukung oleh pemerintah, pendidik, dan orang tua.



Pemaparan materi kedua dilakukan oleh Dr. Resdiyanto Permata R., M.Pd. membahas tentang "Kepercayaan dan Praktik Ritual Spiritual di Jawa Timur Berbasis Teknologi Informasi" yaitu pembahasan bagaimana perkembangan teknologi dan aplikasi berbasis AI dapat mengubag atau mendukung kepercayaan dan praktik spiritual. (Sean)