Perumda Kerthi Bali Santhi Jajaki Potensi Kerja Sama Transliterasi Lontar Bali dengan FIB Unud

Pada Rabu, 13 Maret 2024, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) menerima audiensi dari Perusahaan Umum Daerah Kerthi Bali Santhi (Perumda KBS) bertempat di ruang Dekan FIB Unud, Kampus Nias, Jalan Pulau Nias Nomor 13 Denpasar.

 

Dalam pertemuan tersebut, Dekan FIB Unud, I Nyoman Aryawibawa, S.S., M.A., Ph.D., didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Dr. I Gede Oeinada, S.S., M.Hum., serta turut hadir Ketua Unit Lontar Universitas Udayana (ULU), Prof. Dr. I Wayan Cika, M.S., beserta sekretaris Putu Eka Guna Yasa, S.S., M.Hum. yang juga merupakan dosen program studi Sastra Bali dan salah seorang staf ULU, I Made Agus A. Hadi Sutresna, S.S.

 

Dari pihak Perumda KBS, pertemuan dihadiri oleh Direktur Bisnis dan Pengembangan Digital, Putu Agus Bayu Cahaya Dewata Emantakha yang didampingi oleh staf Humas, Kerja Sama, dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Ni Putu Ratna Dewi Gayatri.

 

Pada audiensi yang dilaksanakan, Direktur Bisnis dan Pengembangan Digital Perumda KBS, Agus Bayu menyampaikan maksud kedatangan dirinya dan tim ke FIB Unud adalah untuk menjajaki potensi kerja sama dengan FIB Unud berkaitan dengan rencana transliterasi lontar Bali yang akan dilakukan oleh Perumda KBS.

 

Agus menjelaskan bahwa yang dilakukan Perumda KBS adalah dalam rangka memastikan warisan budaya Bali tetap Lestari dan dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

 

“Kami di perumda, saat ini berencana melakukan transliterasi lontar Bali, yakni dengan menyediakan wadah digitalisasi dan terjemahan lontar Bali yang dapat menampilkan foto lontar beserta isinya berupa aksara dan terjemahannya baik dalam bahasa Bali maupun bahasa Indonesia. Tujuannya adalah agar warisan budaya Bali tetap lestari dan dapat dinikmati dan dipelajari generasi mendatang. Tentunya hal ini tidak dapat kami lakukan seorang diri, kami memerlukan kerja sama berbagai stakeholder, khususnya FIB Unud, yang memiliki ahli di bidang tersebut, dalam pelaksanaan kegiatan ini,” papar Agus Bayu.

 

Dekan FIB Unud, Aryawibawa, Ph.D., menyambut baik tawaran kerja sama yang dilaksanakan. Dirinya merasa bahwa kerja sama ini tepat dilaksanakan antara Perumda dan Unit Lontar Universitas Udayana (ULU), mengingat ULU merupakan unit khusus milik Universitas Udayana yang mempelajari lontar Bali, termasuk melakukan digitalisasi.

 

Pada akhir pertemuan, FIB Unud, ULU dan Perumda KBS sepakat untuk mendiskusikan kembali teknis pelaksanaan kerja sama terkait transliterasi lontar Bali ini melalui pertemuan-pertemuan lanjutan kedepannya. (nm)