Fakultas Ilmu Budaya menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Yayasan Arsari Djojohadikusumo pada, Senin 29 Maret 2021 di kampus setempat. Penandatanganan PKS ini dihadiri oleh Dekan FIB, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., Direktur Eksekutif Yayasan Arsari, Catrini Pratihari Kubontubuh, Ketua UPIKS F IB, Dr. Ketut Widya Purnawati, Kaprodi Arkeologi, Dr. Drs. I Ketut Setiawan, M.Hum., dosen Prodi Arkeologi, Rochtri Agung Bawono, M.Hum, dan wakil UPIKS Bidang Kerja Sama, Dr. Ketut Widhiarcani Matradewi.

 

 

Program kerja sama ini berkaitan dengan program pembangunan Gedung Mandala Majapahit di Fakultas Ilmu Budaya. Gedung Mandala Majapahit ini sepenuhnya dibiayai oleh Yayasan Arsari untuk kepentingan bersama antara FIB dan Yayasan Arsari.

 

 Dekan FIB, Dr. Sri Satywati dan Direktur Eksekutif Yayasan Arsari Catrini Pratihari Kubontubuh setelah menandatangani PKS


Program kerja sama ini dilaksanakan oleh Prodi Arkeologi sebagai bagian dari pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi. Gedung Mandala Majapahit ini selanjutnya dipergunakan bersama untuk kepentingan pelaksanaan pameran, ruang pendidikan, perpustakaan, serta kantor adminnistrasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan di bawah payung Mandala Majapahit.

 

 Dekan Fakultas Ilmu Budaya dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih kepada Yayasan Arsari yang telah berkenan menjalin kerja sama.

 Dekan FIB saat memeberi sambutan 



“Kerja sama ini sangat bermanfaat bagi kami di FIB sebagai kampus yang memiliki program studi terkait ilmu-ilmu budaya khususnya Arkeologi. Tentunya program kerja sama ini tidak akan berhenti sampai disini, kedepannya kerja sama yang lebih intensif dengan Yayasan Arsari bisa dilakasanakan terkait program Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” ungkap Dr. Sri Satyawati.



 Penandatanganan PKS antara FIB dan Yayasan Arsari

 


Penerapan program Merdeka Belajar menjadi salah satu perhatian dari FIB, dan pembangunan Gedung Mandala Majapahit beserta program-program kerja yang akan diselenggarakan tentu saja akan menjadi bagian penting penerapan Merdeka Belajar bagi mahasiswa FIB.

 

 

Sementara itu, Direktur Eksekutif Yayasan Arsari, Catrini Pratihari Kubontubuh menyampaikan rasa syukur karena kerja sama ini dapat diselenggarakan. Catrini juga mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dari pihak FIB Unud.

 

 

“Kerja sama antara Yayasan Arsari dengan Prodi Arkelogi FIB sebetulnya sudah terjalin sejak tahun 2008. Ketika kami bersama-sama melakukan penelitian di kawasan Mojokerto. Apa yang menjadi kesepakatan hari ini adalah rangkaian dari kerja sama yang telah sejak lama sudah terjalin dengan baik. tentunya kami berharap kerja sama ini terus berlanjut dan memberi manfaat bagi kedua belah pihak,” ungkap Catrini.



 

 Undangan dalam penandatangan PKS 


Meski kerja sama dilakukan pada masa pendemi, namun tidak mengurangi makna serta tujuan dari kerja sama ini. Semua program yang telah disepakati pada kerja sama ini tetap akan berlanjut dan dilaksanakan dengan bertahap. (gp)