Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana menyelenggarakan “Workshop Spesifikasi Program Studi,” Selasa, 6 April 2021 secara daring melalui aplikasi webex.

Sebagai nara sumber pada kegiatan ini adalah Prof. Dr. Ir. G.P. Ganda Putra, M.P. dari Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unud yang dipandu oleh ketua UP3M FIB, Ni Luh Putu Ari Sulatri, M.Si.



 Prof. Dr. Ir. G.P. Ganda Putra, M.P.


Kegiatan workshop dihadiri oleh sekitar 60 peserta yang terdiri dari jajaran Dekanat, Guru Besar, Koordinator Prodi, TPPMP, dan dosen di lingkungan FIB Unud.

 

Latar Belakang Pelaksanaan Workshop


Dekan FIB yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh WD I, I Nyoman Aryawibawa, Ph.D. menyampaikan dalam sambutannya bahwa FIB telah menyusun standar yang telah disahkan senat.



 

Sesuai dengan pertemuan dengan LP3M terdapat 5 standar bidang pendidikan di FIB yang harus dibuat sesuai dengan kekhasan, keunikan masing-masing prodi. Hal tersebut adalah profil lulusan prodi, kompetensi lulusan, isi pembelajaran, proses pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Kelima standar ini lah yang memerlukan spesifikasi di masing-masing program studi.



 WD 1 FIB Unud,  Aryawibawa, P.hD.


“Di FIB pimpinan berkomitmen untuk membangun budaya mutu sesuai dengan rambu-rambu budaya mutu yang ada di Universitas udayana. Diharapkan luaran dari workshop ini adalah dokumen spesifikasi program studi yang sesuai dengan format dan standar yang ada di Universitas Udayana,” jelas Aryawibawa.

 

Ketua UP3M, Ni Luh Putu Ari Sulatri menyampaikan bahwa workshop pada hari ini dirancang sebagai kegiatan awal untuk selanjutnya di bawah koordinasi WD I dan Koordinator Prodi, maka 12 Prodi di FIB akan meyiapkan dokumen spesifikasi Prodi yang merupaan salah satu dokumen SPMI yang perlu dilengkapi dan dimiliki oleh masing-masing Prodi.

 

Spesifikasi Prodi


Dalam penjelasannya Prof. G.P. Ganda Putra menyampaikan bahwa Spesifikasi Program Studi adalah deskripsi suatu prodi yang memuat tentang identitas, akreditasi, visi, misi, dan tujuan, SKL/CPL, kurikulum, proses, penilaian, fasilitas pembelajaran, pendaftaran, kriteria lulusan, serta indikator kualitas dan standar.


Luh Putu Ari Sulatri, Ketua UP3M FIB Unud.

 

Nara sumber juga memberikan template dokumen spesifikasi Program Studi. Format yang dijelaskan dalam workshop ini memuat 15 butir poin tidak baku yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan masing-masing Prodi di lingkungan FIB.

 

Kegiatan berlangsung lancar dengan diskusi hangat antara peserta workshop dengan narasumber (dm).