Suasana pembukaan reakreditasi Prodi Sastra Indonesia FIB Unud, Rabu, 2 Oktober 2019 (Foto Darma Putra).


Prodi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud menerima dua asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) untuk mengikuti reakreditasi.


Kedua asesor BAN PT yang hadir untuk penilaian lapangan itu adalah Dr. Pujiharto, M.Hum. dan Dr. Hari Bakti Mardikantoro, M.Hum.



Pimpinan dan undangan berfoto bersama usai acara pembukaan reakreditasi.


Acara reakreditasi dibuka Rektor Unud, Prof. Dr. dr AA Raka Sudewi, SpS (K). berlangsung Rabu dan Kamis, 2-3 Oktober 2019, di kampus FIB, Sanglah Denpasar.


Hadir saat itu adalah Dekan FIB Unud Dr. Ni Made Sri Satyawati,M.Hum. Ketua LP3M Unud, Ketua LP2M Unud, Ketua Unit Penjaminan Mutu FIB, Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali, para dosen, alumni, dan mahasiswa.



 Civitas akademika.


Dalam jajaran alumni Prodi Sastra Indonesia, tampak hadir kakak beradik Dr. AA Ngurah Rai Iswara,M.Si. (Sekot Kota Denpasar) dan Drs. AA Ngurah Oka Wiranatha,M.Si., keduanya adalah alumni Prodi Sastra Indonesia Unud.

 

Akreditasi sebagai Keharusan


Rektor Unud Prof. Dr. AA Raka Sudewi menyampaikan bahwa reakreditasi merupakan kewajiban prodi untuk memastikan prodi melaksanakan tata kelola akademik dengan baik.



Asesor Dr. Pujiharto, M.Hum., Rektor Unud Prof. Dr. Raka Sudewi, dan Dekan FIB Dr. Sri Satyawai.


“Akreditasi merupakan keharusan. Kalau tidak, nanti mahasiswa yang lulus tidak bisa diwisuda,” ujar Rektor Unud.


Rektor berharap agar Prodi Sastra Indonesia mendapat nilai maksimal.



Beberapa dokumen pendukung akreditasi.


Harapan sama juga disampaikan Dekan FIB Unud yang baru, Dr. Sri Satyawati, yang juga merupakan dosen Prodi Sastra Indonesia.


Dekan Sri Satyawati menyampaikan bahwa prodi dan fakultas merasa lega dengan kehadiran asesor karena dengan ini proses reakreditasi bisa terlaksana.


Semua prodi di FIB Unud yang masa akreditasinya akan jatuh tempo sudah mendapat asesmen lapangan dari asesor dan empat dari lima prodi itu mendapat nilai unggul A.


“Mudah-mudahan prodi Sastra Indonesia juga mendapat nilai unggul,” ujar Dekan FIB Unud.



Karya dosen pendukung.


Acara reakreditasi Prodi Sastra Indonesia berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.


Korprodi Sastra Indonesia Dr. I Ketut Sudewa,M.Hum. dan ketua tim task force  Dr. I Gusti Ayu Agung Mas Triadnyani, SS, M.Hum. menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan dukungan dari seluruh pimpinan dan civitas akademika Unud (dp)