Mahasiswa asing peserta BIPA berfoto bersama penceramah Dr. I Made Rajeg (belakang tengah kemeja putih) dan Ketua Panitia Dr. Made Dhanawaty (depan tiga dari kanan).



Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana melaksanakan kegiatan tes penempatan dan orientasi yang diikuti 17 mahasiswa asing, Senin, 3 Februari 2020. Kegiatan berlangsung di FIB Unud, Jalan Nias, Denpasar, itu dihadiri oleh Wakil Dekan I FIB Unud I Nyoman Aryawibawa, Ph.D. selaku Plt Ketua BIPA dan para dosen pengajar BIPA.


Ketua Pelaksana kegiatan, Dr. Ni Made Dhanawaty,M.S. menyampaikan, mahasiswa asing yang ikut serta dalam program kali ini berasal dari dua negara yaitu Jepang (5 orang) dan Korea Selatan (12 orang).


Dr. I Made Rajeg dan WD I sekaligus Plt Ketua BIPA FIB Unud, I Nyoman Aryawibawa,Ph.D. (kanan)


Tes penempatan (placement test) diisi dengan tes tertulis dan wawancara. Tampil sebagai pewawancara adalah Dr. I Made Madia, M. Hum., Dr. I Made Rajeg, M. Hum., dan Dr. Ni Made Dhanawaty, M.S. Mahasiswa baru ini akan mengikuti pendidikan bahasa untuk periode Februari-Mei 2020.



Suasana tes penempatan.


Program orientasi, menurut Dhanawaty, diisi dengan dua kegiatan yaitu penjelasan mengenai hal-hal akademik dan dan non-akademik, yang diberikan oleh Dr. Drs. I Made Rajeg, M. Hum.


Dr. I Made Rajeg memberikan materi saat acara orientasi.


Kegiatan Orientasi ini bertujuan agar mahasiswa dapat lebih mudah  menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus dan juga kehidupan luar kampus. Seperti biasa, orientasi mahasiswa untuk pertengahan tahun ajaran bersifat internal,” ujar Dr. Made Dhanawaty (*).