Narasumber, perwakilan US Ambassy dan Koprodi Sastra Inggris berfoto bersama.


Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana bekerja sama dengan Regional English Language Office (RELO) US Embassy menggelar acara lokakarya academic writing, Senin-Selasa, 19-20 Agustus 2019

 

Acara yang dilaksanakan di Ruang Prijono, Gedung Poerbatjaraka, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana tersebut diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.


Narasumber Kate Kasseler sedang memaparkan materi sesi 1

 

Universitas-universitas yang mengikuti acara itu di antaranya adalah STKIP Muhamadiyah Bulukumba, IAIN Kendari, Sanata Dharma University Jogjakarta, Universitas Islam Malang, Maranatha Christian University, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Universitas Udayana, dan yang lainnya.


Para peserta sedang suntuk mengikuti kegiatan loka karya.

 

Lokakarya dua hari itu diisi dengan berbagai materi meliputi academic vocabulary, academic vocabulary: correct register, academic vocabulary: precise language, the writing process: pharaphrasing, summarizing, quotations, dan the writing process: eror corection and feedback.


Dengan berbagai materi tersebut, para peserta diharapkan dapat menerapkan secara langsung pengetahuan yang didapatkannya selama mengikuti loka karya.

 

Cara Mengajar Bahasa Inggris

 

Koordinator Program Studi Sastra Inggris, Prof. Dr. I Nyoman Sedeng, M.Hum., yang mewakili Dekan FIB Universitas Udayana dalam sambutannya menyatakan bahwa acara tersebut bertujuan untuk memberikan materi pelatihan tentang cara mengajar bahasa Inggris akademik yang baik dan benar kepada peserta yang sebagian besar pengajar writing di kampusnya masing-masing.


Penyerahan kenang-kenangan oleh koprodi Sastra Inggris, Prof. Dr. I Nyoman Sedeng, M.Hum., kepada perwakilan US Ambassy.

 

Untuk mencapai tujuan tersebut, dua orang narasumber mumpuni dalam academic writing dihadirkan untuk berbagi materi dan pengalamannya. Dua narasumber itu adalah Kate Kasseler dan Carol Burril dari ESL Course at Monrovia Community Adult Scholl in LA Country California.

 

 

Dalam kesempatan itu pula, Prof. Dr. I Nyoman Sedeng, M.Hum. juga berharap agar jalinan kerja sama antara Prodi Sastra Inggris FIB Unud dengan RELO Amerika dapat terus menerus dilakukan dalam bidang akademik.


Foto bersama narasumber dengan seluruh peserta.

 

“Dalam bidang pengembangan akademik, RELO bisa menyokong kegiatan-kegiatan berbasis bahasa Inggris dengan SDM yang berkompetensi, dan kredibel,”katanya (Putu Eka Guna Yasa).