Ketua BIPA FIB Unud Dr. Ni Made Dhanawaty, M.S. (ketiga dari kiri) berfoto bersama dosen dan mahasiswa saat penyerahan sertifikat (Foto-foto Maria Matildis Banda) .


 

Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana melaksanakan acara penyerahan sertifikat kepada mahasiswa asing peserta BIPA dan Darmasiswa, 23 Mei 2019, di Auditorium FIB Universitas Udayana, Denpasar.

 

Sertifikat diberikan kepada 40 mahasiswa yang mengikuti kuliah periode Feb-Mei 2019.  Mereka berasal dari 27 negara, di antaranya yang terbanyak adalah Jepang, disusul Korea Selatan, Perancis, Belanda, Jerman, Hungaria, Serbia, Kroasia, Slovakia, Kazakhtan, Ukraina, Rusia, Kanada, Aljazair, Botswana, Ceko, Laos, Peru, India, Spanyol, Brazil, dan Thailand.



Ketua BIPA, Dr. Ni Made Dhanawaty, M.S.

 


Acara penyerahan sertifikat dihadiri oleh Wakil Dekan I, WD III, dosen-dosen BIPA, dan pegawai FIB. Acara dibuka dengan laporan Ketua BIPA Unud, Dr. Ni Made Dhanawaty, M.S.

 

Dalam laporan tersebut, Ketua BIPA Dr. Ni Made Dhanawaty, M.S. menyampaikan rasa bangga atas kepercayaan yang diberikan oleh mahasiswa untuk belajar bahasa Indonesia di BIPA FIB Unud.

 

“Kami juga berterima kasih kepada tim pengajar BIPA yang bekerja keras untuk menjaga mutu sehingga tetap mendapat kepercayaan dari mahasiswa asing belajar bahasa Indonesia di sini,” ujar Dr. Ni Made Dhanawaty, M.S.

 

Di dalam acara tersebut, selain diserahkan sertifikat kepada mahasiswa BIPA juga diisi dengan penyampaian kesan dan pesan dari wakil mahasiswa Level I, II, dan III, serta Darmasiswa.




 

Kelebihan BIPA

 

Sebagian besar dari mereka menyampaikan rasa terima kasih yang dalam kepada para dosen yang telah bekerja keras mengajarkan bahasa Indonesia. Mereka menyebutkan salah satu kelebihan BIPA Unud adalah kelas yang kecil sehingga mereka bisa lebih mengekspresikan diri.



Peserta BIPA dari berbagai negara.

 

Dalam kata sambutannya, Dekan FIB, yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan I menyampaikan rasa bangga bahwa BIPA Unud dapat menjadi wadah bagi mahasiswa asing yang ingin belajar bahasa dan budaya Indonesia. BIPA Unud juga mendapat apresiasi yang tinggi dari mahasiswa asing.

 

Acara ini dimeriahkan dengan tarian ngibing yang merupakan kolaborasi antara mahasiswa FIB dengan mahasiswa BIPA dan Darmasiswa. Atraksi tersebut menghibur hadirin yang menyaksikan acara ini. Acara ditutup dengan foto bersama (IGAA Mas T).