Dosen STKIP Paracendekia NW Sumbawa Raih Gelar Doktor Linguistik di FIB Unud



 

 

Program Studi Doktor (S3) Ilmu Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Udayana menyelenggarakan Promosi Doktor dengan promovendus Suparman, S.Pd., M.Pd.B.I., Selasa, 12 April 2022 secara semi daring di ruang Ir. Soekarno, FIB Unud.

 

 

 

 Dr. Sri Satyawati memimpin ujian terbuka promovendus

 

 

Ujian terbuka dipimpin oleh Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., Dekan FIB Unud. Dalam ujian terbuka, Suparman berhasil mempertahankan disertasi dengan judul “Pengembangan Buku Ajar Untuk Pembelajaran Membaca Bahasa Inggris Berbasis Lingkungan”. Setelah melalui tahapan ujian terbuka, Suparman dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan merupakan Doktor ke- 162 di FIB Unud dan Doktor ke- 203 di Prodi Linguistik Program Doktor.

 

 

Pengembangan Buku Ajar

 

Fokus penelitian Suparman adalah pengembangan buku ajar untuk pembelajaran membaca bahasa Inggris berbasis lingkungan. Dalam penelitiannya, pengembangan buku ajar berbasis lingkungan dapat meningkatkan motivasi, dan daya asosiasi siswa untuk belajar bahasa Inggris.

 

 

 

 

Pemaparan hasil penelitian oleh promovendus

 


Khazanah leksikon digunakan sebagai bahan dasar dalam pengembangan buku ajar untuk pembelajaran membaca bahasa Inggris. Leksikon tersebut terdiri atas leksikon nomina, verba, dan adjektiva yang dirancang menjadi berbagai jenis teks deskriptif. Alasan penggunaan leksikon sebagai bahan dasar pengembangan buku ajar ini, karena leksikon yang bersumber dari lingkungan dapat membantu siswa dalam memahami teks deskriptif. Di sisi lain, siswa yang berada di daerah terpencil mengalami kesulitan dalam memahami teks deskriptif yang terdapat pada buku ajar bahasa Inggris pada saat ini. Kesulitan tersebut disebabkan oleh kurangnya tingkat pemahaman siswa terhadap leksikon-leksikon yang disajikan pada buku ajar pada saat ini.

 

 

Temuan Penelitian

 

Pengembangan buku ajar untuk pembelajaran membaca bahasa Inggris pada penelitian ini menggunakan ragam nuansa lingkungan yang ada di Kabupaten Sumbawa. Pengembangan buku ajar dilakukan melalui proses tahapan sintagmatik. Tahapan sintagmatik merupakan tahapan mengkonstruksikan beberapa teori untuk menghasilkan sebuah buku ajar pembelajaran membaca bahasa Inggris berbasis lingkungan. Tahapan sintagmatik diterapkan dengan cara melakukan konstruksi teori perkembangan kognitif, teori teks deskriptif, teori tingkatan sintaksis, dan teori relasi semantik. Penelitian ini juga menemukan sebuah buku ajar tambahan (supplementary book) untuk siswa kelas X. Buku temuan ini memiliki ciri khas yang tidak terdapat pada buku ajar yang digunakan pada saat ini. Ciri khas pada buku ajar ini terletak pada penggunaan beberapa leksikon nomina, verba, dan adjektiva yang bersumber dari berbagai jenis lingkungan.

 


Makna Disertasi

 

Disertasi ini bermanfaat dalam pengembangkan teori pembelajaran bahasa Inggris terutama dengan melakukan proses konstruksi teori perkembangan kognitif dengan teori deskriptif, teori tingkatan sintaksis, dan teori relasai semantik untuk merancang bentuk-bentuk teks pembelajaran bahasa Inggris. Pengembangan teori pembelajaran berbasis lingkungan tersebut diaplikasikan ke dalam proses pengajaran bahasa Inggris di lingkungan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA).

 




 

Prof. Ida Bagus Putra Yadnya menyampaikan makna disertasi dari promovendus

 



Prof. Putra Yadnya selaku promotor menyampaikan selamat kepada Suparman, karena di usianya yang baru menginjak 35 tahun sudah menyandang gelar doktor. “Suparman adalah sosok generasi muda yang konsisten meneliti pembelajaran bahasa Inggris yang ditunjukkan dengan linearitas penelitian semenjak strata 1 hingga strata 3”, ujarnya. Di akhir penyampaiannya, Prof. Putra Yadnya juga berpesan untuk tetap menjaga integritas dan nama baik almamater. (as)