Dosen STKIP Paracendekia NW Sumbawa Raih Gelar Doktor Linguistik di FIB Unud
Program Studi Doktor (S3) Ilmu Linguistik, Fakultas
Ilmu Budaya (FIB), Universitas Udayana menyelenggarakan Promosi
Doktor dengan promovendus Suparman, S.Pd., M.Pd.B.I., Selasa, 12 April 2022 secara semi
daring di ruang Ir. Soekarno, FIB Unud.
Dr. Sri Satyawati memimpin ujian terbuka promovendus
Ujian
terbuka dipimpin oleh Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., Dekan FIB Unud.
Dalam ujian terbuka, Suparman berhasil mempertahankan disertasi dengan judul “Pengembangan Buku Ajar Untuk Pembelajaran
Membaca Bahasa Inggris Berbasis Lingkunganâ€. Setelah
melalui tahapan ujian terbuka, Suparman dinyatakan
lulus dengan predikat sangat memuaskan dan merupakan Doktor ke- 162 di FIB Unud dan Doktor ke- 203 di Prodi Linguistik Program Doktor.
Pengembangan Buku Ajar
Fokus penelitian Suparman adalah pengembangan buku
ajar untuk pembelajaran membaca bahasa Inggris berbasis lingkungan. Dalam
penelitiannya, pengembangan buku ajar berbasis lingkungan dapat meningkatkan
motivasi, dan daya asosiasi siswa untuk belajar bahasa Inggris.
Pemaparan hasil penelitian oleh promovendus
Khazanah leksikon digunakan sebagai bahan dasar
dalam pengembangan buku ajar untuk pembelajaran membaca bahasa Inggris.
Leksikon tersebut terdiri atas leksikon nomina, verba, dan adjektiva yang
dirancang menjadi berbagai jenis teks deskriptif. Alasan penggunaan leksikon
sebagai bahan dasar pengembangan buku ajar ini, karena leksikon yang bersumber
dari lingkungan dapat membantu siswa dalam memahami teks deskriptif. Di sisi
lain, siswa yang berada di daerah terpencil mengalami kesulitan dalam memahami
teks deskriptif yang terdapat pada buku ajar bahasa Inggris pada saat ini.
Kesulitan tersebut disebabkan oleh kurangnya tingkat pemahaman siswa terhadap
leksikon-leksikon yang disajikan pada buku ajar pada saat ini.
Temuan
Penelitian
Pengembangan buku ajar untuk pembelajaran membaca
bahasa Inggris pada penelitian ini menggunakan ragam nuansa lingkungan yang ada
di Kabupaten Sumbawa. Pengembangan buku ajar dilakukan melalui proses tahapan
sintagmatik. Tahapan sintagmatik merupakan tahapan mengkonstruksikan beberapa
teori untuk menghasilkan sebuah buku ajar pembelajaran membaca bahasa Inggris
berbasis lingkungan. Tahapan sintagmatik diterapkan dengan cara melakukan
konstruksi teori perkembangan kognitif, teori teks deskriptif, teori tingkatan
sintaksis, dan teori relasi semantik. Penelitian ini juga menemukan sebuah buku
ajar tambahan (supplementary book) untuk siswa kelas X. Buku temuan ini
memiliki ciri khas yang tidak terdapat pada buku ajar yang digunakan pada saat
ini. Ciri khas pada buku ajar ini terletak pada penggunaan beberapa leksikon
nomina, verba, dan adjektiva yang bersumber dari berbagai jenis lingkungan.
Makna Disertasi
Disertasi ini
bermanfaat dalam pengembangkan teori pembelajaran bahasa Inggris terutama
dengan melakukan proses konstruksi teori perkembangan kognitif dengan teori
deskriptif, teori tingkatan sintaksis, dan teori relasai semantik untuk
merancang bentuk-bentuk teks pembelajaran bahasa Inggris. Pengembangan teori
pembelajaran berbasis lingkungan tersebut diaplikasikan ke dalam proses pengajaran
bahasa Inggris di lingkungan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA).
Prof. Ida Bagus Putra Yadnya
menyampaikan makna disertasi dari promovendus
Prof. Putra Yadnya selaku promotor menyampaikan selamat kepada
Suparman, karena di usianya yang baru menginjak 35 tahun sudah menyandang gelar
doktor. “Suparman adalah sosok generasi muda yang konsisten meneliti
pembelajaran bahasa Inggris yang ditunjukkan dengan linearitas penelitian
semenjak strata 1 hingga strata 3â€, ujarnya. Di akhir penyampaiannya, Prof.
Putra Yadnya juga berpesan untuk tetap menjaga integritas dan nama baik
almamater. (as)
UDAYANA UNIVERSITY