Dosen Universitas Tabanan Raih Gelar Doktor Linguistik


 

Program Studi Doktor (S3) Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana menyelenggarakan  kembali ujian promosi doktor dengan promovenda Ni Putu Candra Gunasari, S.Pd. M.Pd., pada Selasa 22 Desember 2020.  Ujian terbuka  dilakukan secara daring dan disiarkan langsung pada kanal Youtube FIB Unud.

Ujian promosi doktor dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. Pada ujian terbuka kali ini, Candra Gunasari mempertahankan disertasi dengan judul “Aspek Kohesi dan Koherensi dalam Pembelajaran Menulis Narasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri Denpasar”.

Bertindak sebagai tim penguji adalah Prof Dr. Made Budiarsa, M.A., Prof.Drs. Ketut Artawa, M.A. Ph.D., Dr. Made Sri Satyawati, S.S.,M.Hum., Prof.Dr I Wayan Pastika, M.S., Prof.Dr.Drs I Wayan Simpen, M.Hum., Dr. Dra. Ni Made Dhanawaty, M.S., Prof.Dr I Made Sutama, M.Pd., Dr. Ni Ketut Ratna Erawati, M.Hum

 



Setelah mengikuti ujian terbuka, promovenda dinyatakan lulus dengan predikat “Sangat Memuaskan”. Dr. Ni Putu Candra Gunasari, S.Pd., M.Pd. merupakan doktor ke-174 pada Program S3 Ilmu Linguistik, dan merupakan doktor ke-110 di Fakultas Ilmu Budaya.


Aspek Kohesi dan Koherensi Narasi

Dalam pembelajaran di kelas seperti halnya keterampilan berbahasa yang lain, keterampilan menulis selalu mendapat perhatian. Karangan narasi diajarkan di sekolah-sekolah dimaksudkan agar siswa mampu mengungkapkan dan menceritakan pengalaman atau kejadian yang menarik yang ditemui dalam kehidupan siswa sehari-hari.



Peran guru sebagai fasilitator utama untuk  instruksi tertulis diperlukan untuk membantu siswa dalam menghasilkan, mengorganisasi, dan  memerintahkan mereka untukmenghasilkan isi teks menjadi kohesi dan koherensi.


Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X SMA N Denpasar adalah dengan media komik tanpa teks. Penggunaan media komik tanpa teks dalam melatih kohesi dan koherensi siswa ketika menulis narasi menghasilkan beberapa keunggulan.


Keunggulan-keunggulan tersebut diantaranya adalah: (1) penerapan media komik tanpa teks dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi, dalam hal ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pengembangan gagasan atau ide siswa. (2) motivasi guru dalam kegiatan pembelajaran memengaruhi peningkatan hasil belajar siswa. (3) penerapan media komik tanpa teks dalam pembelajaran menulis narasi meminimalkan kesalahan penulisan huruf kapital maupun tanda baca.


Jenis penanda kohesi dalam karangan narasi siswa kelas X SMA N Denpasar terdiri atas hubungan pengacuan, hubungan penggantian, hubungan pelesapan, hubungan perangkaian, dan hubungan leksikal. Hubungan leksikal meliputi pengulangan, sinonim, antonim, dan kolokasi.


Jenis penanda koherensi dalam karangan narasi siswa kelas X SMA N Denpasar terdiri atas koherensi kontras, koherensi aditif, koherensi temporal, koherensi kronologis, koherensi perurutan, koherensi intensitas, koherensi perincian, dan koherensi perian.


Temuan Penelitian

Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis yang telah dilakukan, maka hasil penelitian yang telah ditemukan memiliki implikasi berupa informasi bahwa penggunaan media komik tanpa teks dapat dijadikan ukuran dalam penilaian karangan narasi siswa kelas X SMA Negeri Denpasar.


Temuan baru (novelty) penelitian ini adalah teori linguistik terapan mampu memberikan motivasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan menulis menggunakan media komik tanpa teks.


Teori linguistik terapan mendefinisikan belajar sebagai aktivitas yang benar-benar aktif, di mana peserta didik membangun sendiri pengetahuannya, mencari makna sendiri, mencari tahu tentang yang dipelajarinya dan menyimpulkan konsep dan ide baru dengan pengetahuan yang sudah ada dalam dirinya. Sintagmatik pembelajaran menulis narasi mengunakan media komik tanpa teks dikategorikan sebagai temuan praktis yang disingkat dengan VaWaMa.


Makna Disertasi


Makna disertasi disampaikan oleh Promotor Prof. Dr. Made Budiarsa, M.A., dalam kesempatannya menyampaikan makna disertasi menyampaikan selamat kepada Dr. Ni Putu Candra Gunasari, S.Pd., M.Pd., karena telah berhasil menyelesaikan studi dengan sangat baik meskipun menghadapi banyak tantangan.



Tujuan penelitian ini untuk memberi gambaran proses pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada pembuatan narasi. Penelitian semacam ini telah banyak dilakukan, namun Dr. Candra Gunasari berhasil menunjukkan sisi berbeda yang memberikan kontribusi besar pada bidang linguistik maupun bidang pendidikan.


“Media komik tanpa teks yang digunakan oleh Candra Gunasari terbukti mampu memberikan dampak positif pada peningkatan kemampuan siswa dalam membuat narasi dengan tingkat kohesi dan koheresi yang semakin baik,” ungkap Prof. Budiarsa.

 

Prof. Budiarsa mengharapkan hasil penelitian ini dapat ditindaklanjuti dan diimplementasikan untuk kepentingan kemajuan dunia pendidikan kita. (gp)