Foto bersama  saat Indonesianist Forum


Fakultas Ilmu BudayaUniversitas Udayana mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah berlangsungnya TheWorld Indonesianist Forum, kegiatan yang berlangsung pada Selasa, 30 Oktober2018 di kampus setempat.


The World IndonesianistForum baru pertamakalinya dilaksanakan oleh Kementrian Luar Negeri denganmengundang dua ratus peserta dari 43 negara. Indonesianist Forum ini mengusungtema “The Role of Mellennial Generation”, menentukan peran generasi milenialdalam peradaban dunia.


Wakil Rektor IVUniversitas Udayana, Prof.Dr. Ida Bagus Wiyasa Putra, S.H.,M.Hum.yang mewakiliRektor Udayana memeberikan sambutan dan ucapan selamat datang bagi paraundangan yang akan berdiskusi dan berkontribusi dalam forum besar ini. “Kamisangat terhormat telah mendapat kesempatan menjadi tuan ruam dari forum ini.Semoga forum ini menjadi sebuah forum yang mampu berkontribusi melalui rumusangagasan atau bahkan rumusan regulasi yang memberi dampak baik bagi Indonesiamaupun dunia.” Ungkap  Prof. Wiyasa.



Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat memberi sambutan


KontribusiIndonesia Bagi Perdamaian Dunia


Forum Indonesianist iniadalah sebuah forum yang dihadiri oleh orang-orang asing yang memilikiketertarikan terhadap Indonesia. Mereka adalah para akademisi dari berbagaidisiplin ilmu yang memiliki kekhususan akademik tentang Indonesia, sertamemiliki keterlibatan yang khusus pada pembangunan akademis di Indonesia.


Forum ini diharapkanmampu berperan dalam memberikan saran serta rekomendasi untuk mewujudkanIndonesia yang lebih baik ke depannya. Para Indonesianis ini, khususnyagenerasi milenial diharapkan pula untuk meningkatkan pemahaman tentangIndonesia.


Menteri Luar NegeriRepublik Indonesia, Retno Marsudi dalam kesempatan tersebut menyampaikanharapan yang besar pada para Indonesianis untuk turut juga mempromosikanIndonesia. Retno Marsudi menyampaikan perkembangan diplomasi Indonesia diDunia, khususnya kontribusi Indonesia pada proses perdamaian di Palestina danAfganistan, begitu pula dengan peran Indonesia dalam meningkatkan kesadarandunia pada pentingnya pelestarian laut melalui penyelenggaraan “Our OceanConference” tahun 2018 di Bali.



Menlu Retno Marsudi didampingi WR IV Unud Prof.Dr. Ida Bagus Wiyasa Putra, S.H.,M.Hum, Dekan FIB Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A. serta narasumber Indonesianist Forum


TemaBesar Forum


 Tema besar forum ini adalah peran generasimilenial yang dibahasa dalam diskusi pleno dan pelatihan. Tema besar ini diturunkanmenjadi tiga sub-tema, yaitu Membangun Perdamaian Dunia; Kontribusi Indonesiadalam Dunia yang Damai; Pencapaian Indonesia dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologidan Pembangunan; serta Mempromosikan dan Melestarikan Kekayaan BudayaIndonesia. Pada sesi pleno para peserta turut pula mendiskusikan masa depanIndonesianis.


Turut hadir beberapapakar tentang Indoensia dalam forum ini diantaranya adalah Prof. Anis HBajrektarevic dari Austria, Prof. Xu Liping dari China, Dr. Michael RJVatikiotis dari Australia, dan Prof. Dr. Jan Van Der Putten dari Jerman.



Menlu Retno Marsudi, Rektor Unud Prof. Dr. A.A. Raka Sudewi, dan Dekan FIB Prof. Dr, Sutjiati Beratha, berforo bersama mahasiswa peserta Indonesianist Forum.


Tim Web FIB