Fakultas Ilmu Budaya kembali menggelar acara pelepasan calon wisudawan (yudisium) pada hari Selasa, 31 Agustus 2021. Acara pelepasan calon wisudawan kali ini dilaksanakan secara daring dan disiarkan pada kanal Youtube FIB Unud di link

https://www.youtube.com/watch?v=gejh5tzg_Ag

 

Wakil Dekan II, Dr. Made Suryati, M.Hum., menyampaikan laporan penyelenggaraan Yudisium ke-143


Kegiatan yudisium kali ini adalah kegiatan pelepasan kedelapan kalinya yang dilakukan secara daring. Pelepasan calon wisudawan ini dilakukan oleh dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum.

 

Fakultas Ilmu Budaya melepas 170  orang calon wisudawan. Calon wisudawan ini berasal dari Program Doktor sejumlah  15 orang, Program Magister sejumlah 14 orang, serta Program Sarjana (S1) sejumlah 141 orang.

 

Wakil Dekan I, Nyoman Arya Wibawa, M.A., Ph.D., menyampaikan SK kelulusan


Hingga periode ke-143, jumlah alumni Fakultas Ilmu Budaya adalah program sarjana sejumlah 8.941 orang, Program Magister Linguistik sejumlah 763 orang, Program Doktor Linguistik 189 orang, Program Magister Kajian Budaya 613 orang, Program Doktor Kajian Budaya 247 orang.

 

Lulusan terbaik pada pelepasan calon wisudawan kali ini dari Program Sarjana adalah I Gusti Ayu P Jesika Sita Devi N, S.S. dari Prodi Sastra Inggris dengan IPK 3.93, predikat Dengan Pujian serta lama strudi 3 tahun, 11 bulan.

 

Lulusan terbaik pada Program Magister adalah Ni Made Dian Paramita Sari, S.S., M.Hum. dari Program Magister Linguistik dengan IPK 3.95, predikat Dengan Pujian serta lama studi 1 tahun, 11 bulan.

 

Lulusan terbaik pada Program Doktor diraih oleh Dr. Liu Dan Dan dari Program Doktor Ilmu Linguistik. Lulusan terbaik ini memperoleh IPK 3, 95 dengan predikat Dengan Pujian serta lama studi 2 tahun 11 bulan.

 

Wakil Dekan III, Dr. Ni Ketut Ratna Erawati, M.Hum., saat menyampaikan lulusan terbaik


Dekan Fakultas Ilmu Budaya mengalungkan tanda kelulusan dan menyerahkan kenang-kenangan kepada calon wisudawan yang diwakili oleh ketiga lulusan terbaik masing-masing jenjang. Sementara itu, pelepasan calon wisudawan lainnya oleh Dekan FIB dilakukan dengan menampilkan satu persatu nama calon wisudawan.

 

Dekan FIB, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. saat mengalungkan tanda kelulusan.


Kesan Pesan Alumni

 

Kesan dan pesan alumni kali ini dibawakan oleh I Gusti Ayu P Jesika Sita Devi N, S.S.. Wakil calon wisudawan mengucapkan banyak terima kasih kepada pimpinan, staf pegawai, atas segala fasilitas yang sangat baik dan sangat memadai sehingga calon wisudawan dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik.

 

Perwakilan alumni menyampaikan pesan dan kesan


“Perjalan kuliah di kampus FIB tentunya tidak hanya seperti melewati sebuah lorong, melainkan seperti menaiki sebuah roller coaster. Kita belajar untuk bertanggung jawab dan berdisiplin,” ungkap Jesika dalam sambutannya.

 

Pesan pada Calon Wisudawan

 

Dekan FIB, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan selamat atas kesuksesan seluruh calon wisudawan. Yudisium merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh semua mahasiswa yang telah berjuang dalam dunia akademik. Acara ini menjadi salah satu puncak dalam menyelesaikan tahapan akademik dengan baik.

 

“Sebagai lulusan sarjana, magister, dan doktor harus memiliki mobilitas dan pergerakan yang tinggi serta jaringan yang luas. Perubahan fokus menjadi bagian penting dalam tahap selanjutnya bagi anda sekalian, fokus pada pengembangan diri serta keilmuan,” ungkap Dr. Sri Satyawati.

 

Dekan FIB, Dr. Made Sri Satyawati saat memberikan sambutan


Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., menambahkan bahwa sebagai lulusan Fakultas Ilmu Budaya calon wisudawan diharapkan untuk tetap menjaga nama baik almamaternya. Demikian juga ketika almamater membutuhkan kontribusi dari alumni, agar ikut juga berkontribusi bagi perkembangan lembaga.(gp)