Fakultas Ilmu Budaya Menggelar Yudisium ke-139 Periode Desember 2020


 

Fakultas Ilmu Budaya kembali menggelar acara pelepasan calon wisudawan (yudisium) pada hari Kamis, 3 Desember 2020. Acara pelepasan calon wisudawan kali ini masih tetap dilaksanakan secara daring karena dampak COVID-19. Webisium kali ini adalah Pelepasan calon wisudawan ini dilakukan oleh dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum.


 

Pada acara pelepasan calon wisudawan kali ini, peserta dan undangan yang mengkuti acara pelepasan bergabung bersama melalui sistem daring, Fakultas Ilmu Budaya melepas 59 orang calon wisudawan. Calon wisudawan ini berasal dari Program Doktor sejumlah  3 orang, Program Magister sejumlah 15 orang, serta Program Sarjana (S1) sejumlah 40 orang.

 



Hingga periode ke-139, jumlah alumni Fakultas Ilmu Budaya adalah program sarjana sejumlah 8.712 orang, Program Magister Linguistik sejumlah 722 orang, Program Doktor Linguistik 167 orang, Program Magister Kajian Budaya 600 orang, Program Doktor Kajian Budaya 220 orang.

 

Capaian rata-rata IPK yang diperoleh pada program doktor berada pada angka 3,74 dengan masa studi 5 tahun 4 bulan, sementara IPK rata-rata pada program magister berada pada angka 3,89 dengan masa studi 2 tahun 10 bulan dan rata-rata IPK pada program sarjana (S1) adalah 3,56 dengan masa studi 5 tahun 0 bulan.

 



Dekan Fakultas Ilmu Budaya mengalungkan tanda kelulusan dan menyerahkan kenang-kenangan kepada calon wisudawan yang diwakili oleh I Putu Krisna Arisantika, S. Sos. dari prodi Antropologi Budaya. Sementara itu, pelepasan calon wisudawan lainnya oleh Dekan FIB dilakukan dengan menampilkan satu persatu nama calon wisudawan.


Kesan Pesan Alumni

 

I Putu Krisna Arisantika, S. Sos. sebagai wakil calon wisudawan mengucapkan banyak terimakasih kepada pimpinan, staf pegawai, atas segala fasilitas yang sangat baik dan sangat memadai sehingga calon wisudawan dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik.


"Tentu saja selama kami mengikuti kuliah di Fakultas Ilmu Budaya banyak kesalahan dan kekurangan kami, memohon maaf yang sebesar-besarnya, " ungkap Krisna.




Krisna juga berharap agar seluruh calon wisudawan tetap semangat untuk memasuki langkah baru dalam tahap kehidupan setelah menjadi sarjana. Segala pengetahuan dan pengalaman yang telah didapatkan di FIB agar dapat diamalkan ketika kembali ke masyarakat.

 

Pesan pada Calon Wisudawan

Dekan FIB, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga atas segala buah kesuksesan para calon wisudawan. Setelah berjuang dengan serius dalam dunia akademik, akhirnya mampu menyelesaikan tahapan akademik dengan baik. Dr. Sri Satyawati berharap pada calon wisudawan mengamalkan semua bentuk pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan di masyarakat.

 



Fakultas Ilmu Budaya saat ini telah mulai mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang baru dicanangkan oleh Kemendikbud. Hal ini tentu saja akan menjadi hal baru bagi seluruh civitas akademika FIB. Namun ini adalah peluang yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa.

 

“Melalui program merdeka belajar, seluruh mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman belajar yang baru, pengalaman berkreasi dan berinovasi. Sehingga akan dihasilkan lulusan yang tidak saja berkompetensi di bidang keilmuannya saja, namun memiliki soft skill yang akan berguna di dunia kerja,” ungkap Dr. Sri Satyawati.

 

Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., menambahkan bahwa sebagai lulusan Fakultas Ilmu Budaya calon wisudawan diharapkan untuk tetap menjaga nama baik almamaternya. Demikian juga ketika alamamater membutuhkan kontribusi dari alumni, agar ikut juga berkontribusi bagi perkembangan lembaga.(gp)