Fakultas Ilmu Budaya Menggelar Yudisium ke-140 Periode Februari 2021



Fakultas Ilmu Budaya kembali menggelar acara pelepasan calon wisudawan (yudisium) pada hari Kamis, 25 Februari 2021. Acara pelepasan calon wisudawan kali ini masih tetap dilaksanakan secara daring karena dampak COVID-19. Webisium kali ini adalah Pelepasan calon wisudawan ini dilakukan oleh dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum.

 

Pada acara pelepasan calon wisudawan kali ini, peserta dan undangan yang mengkuti acara pelepasan bergabung bersama melalui sistem daring, Fakultas Ilmu Budaya melepas 118 orang calon wisudawan. Calon wisudawan ini berasal dari Program Doktor sejumlah  18 orang, Program Magister sejumlah 26 orang, serta Program Sarjana (S1) sejumlah 74 orang.

 

Hingga periode ke-140, jumlah alumni Fakultas Ilmu Budaya adalah program sarjana sejumlah 8.786 orang, Program Magister Linguistik sejumlah 738 orang, Program Doktor Linguistik 177 orang, Program Magister Kajian Budaya 610 orang, Program Doktor Kajian Budaya 238 orang.


Lulusan terbaik pada pelepasan calon wisudawan kali ini dari Program Sarjana adalah Ni Kadek Ayu Sulastri, S.S. dari Prodi Sastra Bali dengan IPK 3.94, predikat Dengan Pujian serta lama strudi 3 tahun, 6 bulan.

 

Lulusan terbaik pada Program Magister adalah Ni Luh Rara Tian Anyar Sari, S.S., M.Hum. dari Program Linguistik dengan IPK 4.00, predikat Sangat Memuaskan serta lama studi 2 tahun, 4 bulan.

 



Lulusan terbaik dari Program Doktor adalah Dr. I Wayan Mulyawan, S.S., M.Hum. dari Program Doktoral Linguistik dengan IPK 3,87, predikat Cum Laude serta lama studi 2 tahun, 7 bulan.

 

Dekan Fakultas Ilmu Budaya mengalungkan tanda kelulusan dan menyerahkan kenang-kenangan kepada calon wisudawan yang diwakili oleh ketiga lulusan terbaik masing-masing jenjang. Sementara itu, pelepasan calon wisudawan lainnya oleh Dekan FIB dilakukan dengan menampilkan satu persatu nama calon wisudawan.

 

Kesan Pesan Alumni

 

Ni Kadek Ayu Sulastri, S.S. sebagai wakil calon wisudawan mengucapkan banyak terimakasi kepada pimpinan, staf pegawai, atas segala fasilitas yang sangat baik dan sangat memadai sehingga calon wisudawan dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik. Ayu juga menyampaikan bahwa sebagai sarjana, kita memiliki kewajiban mengabdi pada masyarakat.

“ Sebagai insan akademik, kita memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi di masyarakat sesuai dengan keilmuan yang telah kita terima di Fakultas Ilmu Budaya, “ ungkap Ayu Sulastri.

 




Pesan pada Calon Wisudawan

Dekan FIB, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga atas segala buah kesuksesan para calon wisudawan. Setelah berjuang dengan serius dalam dunia akademik, akhirnya mampu menyelesaikan tahapan akademik dengan baik. Dr. Sri Satyawati berharap pada calon wisudawan mengamalkan semua bentuk pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan di masyarakat.

 

Fakultas Ilmu Budaya saat ini telah mulai mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang baru dicanangkan oleh Kemendikbud. Hal ini tentu saja akan menjadi hal baru bagi seluruh civitas akademika FIB. Namun ini adalah peluang yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa.

 



“Melalui program merdeka belajar, fakultas telah siap memfasilitasi mahasiswa dalam program tersebut untuk meningkatkan kompetensinya. Hal ini tentu saja mencakup peningkatan kemampuan akademik dan nonakademik” ungkap Dr. Sri Satyawati.

 

Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., menambahkan bahwa sebagai lulusan Fakultas Ilmu Budaya calon wisudawan diharapkan untuk tetap menjaga nama baik almamaternya. Demikian juga ketika alamamater membutuhkan kontribusi dari alumni, agar ikut juga berkontribusi bagi perkembangan lembaga.(gp)