Fakultas Ilmu Budaya Unud Gelar Upacara Hari Suci Saraswati

Tari Rejang oleh mahasiswa dalam upacara Hari Suci Saraswati.


Keluarga besar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana merayakan Hari Suci Saraswati di padmasana kampus setempat, Sabtu, 7 Desember 2019. Upacara piodalan Saraswati berlangsung penuh kekhusyukan dipimpin Ida Pedanda Gede Buruan, mantan dosen di Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Sastra Bali.


Persembahan di patung Saraswati lobi kampus FIB.


Upacara piodalan dihadiri Dekan FIB Unud Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. dan jajaran dekanat, dosen, mahasiswa, dan pegawai yang mencapai sekitar 300 orang. Semuanya berbaur dalam suasana yang penuh khidmat. Persiapan upacara telah berlangsung sejak pagi hari yang dilakukan secara bersama-sama.


Peserta persembahyangan.


UKM Mahasiswa FIB


Rangkaian piodalan diawali dengan alunan gamelan dari unit kegiatan mahasiswa (UKM) Seni mahasiswa FIB, UKM Satyam Siwam Sundaram. Acara dilanjutkan dengan Tari Rejang Dewa yang dibawakan oleh mahasiswa dari berbagai prodi di FIB.


Pada saat bersamaan, para dosen mengalunkan gita shanti menambah suasa upacara semakin khidmat.


Gita shanti dosen.


Pementasan tari dilanjutkan dengan Tari Rejang Renteng yang dibawakan oleh ibu-ibu anggota Dharma Wanita Fakultas Ilmu Budaya. Seolah tak mau ketinggalan, mereka sejak beberapa hari sebelum piodalan giat berlatih bersama-sama. Tampak ikut menari rejang adalah mantan Dekan FIB Unud Prof. Dr. Sutjiati Beratha,M.A.


Tari Rejang oleh dosen dan staf.


Pentas tari-tarian juga disumbangkan mahasiswa FIB dengan Tari Topeng yang memberikan  sedikit hiburan dengan berbagai leluconnya.  Tari-tarian ditutup dengan Topeng Sidakarya yang menjadi syarat sukses berlangsung rangkaian piodalan Saraswati kali ini.

Topeng persembahan dari mahasiswa.


Setelah sembahyang secara bersama-sama, seluruh civitas akademika FIB menikmati santap siang dengan nasi yasa yang telah disediakan. Semuanya menikmati suasana makan bersama dalam suasana penuh kesederhanaan dan kekeluargaan.


Lomba Jelang Saraswati


Sehari menjelang piodalan Saraswati, seluruh keluarga besar FIB menyiapkan rangkaian upacara yang dirangkaian dengan berbagai lomba. Lomba-lomba yang ditangani oleh senat mahasiswa ini berlangsung meriah.


Penabuh gamelan mahasiswa.


Lomba yang diselenggarakan setiap piodalan ini menjadi ajang kreativitas mahasiswa di lingkungan FIB. Lomba-lomba yang diadakan diantaranya adalah lomba penjor, lomba gebogan, dan lomba sampian penjor. Adapun juara-juara lomba adalah sebagai berikut:


Lomba Penjor: juara 1 Prodi Sastra Bali, Juara 2 Prodi Arkeologi, Juara 3 Prodi Antropologi

Lomba Sampian Penjor: Juara 1 Prodi Sastra Bali, Juara 2 Prodi Sastra Inggris, Juara 3 Prodi Sastra Jepang.

Lomba Gebogan: Juara 1 Prodi Sastra Bali, Juara 2 Prodi Antropologi, Juara 3 Prodi Sastra Indonesia.


Gebogan persembahan.


Wakil Dekan III, Dr. Ratna Erawati berkesempatan menyerahkan langsung hadiah bagi para pemenang. Dr. Ratna mengharapkan ajang lomba ini mampu meningkatkan kreatifitas dan semangat ngayah bagi fakultas di kalangan mahasiswa.


Percikan tirta.


Selain lomba-lomba, kegiatan persiapan piodalan Saraswati juga diisi dengan magegitan yang dilakukan oleh sekaa shanti dosen dan pegawai, serta sekaa shanti mahasiswa Prosi Sastra Bali (gita).