Fakultas Ilmu Budaya Unud Menjalin Kerja Sama dengan Konsulat Jenderal China di Denpasar

Konjen China untuk Denpasar (kiri) dan Dekan FIB Unud (kanan) saat menandatangani nota kesepakatan kerja sama disaksikan Rektor Unud Prof Dr dr AA Raka Sudewi (kanan).


Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana menjalin kerja sama dengan Konsulat Jenderal China di Denpasar yang ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara Dekan FIB Dr. Made Sri Satyawati,S.S.,M.Hum. dengan Konjen China Mr. Gou Hao Dong di Gedung Rektorat Kampus Bukit Jimbaran, Rabu (20/11/2019).

 

Turut hadir dalam acara penandatanganan yakni Rektor Unud, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi, para wakil dekan FIB dan Korprodi serta Wakil Konjen Mr. Chen Wei. Kerja sama akan difokuskan dalam pembentukan China-ASEAN Cross-cultural Institute (CACI).


Suasana acara penandatanganan naskah kerja sama.

 

Peningkatan Mutu Lembaga

Dekan FIB Dr. Made Sri Satyawati menyampaikan penandatanganan kerja sama ini menandai FIB memiliki komitmen dalam meningkatkan mutu lembaga dan SDM.

 

Implementasi kerja sama diharapkan memberikan dampak positif dan peluang bagi civitas akademika FIB dalam meningkatkan mutu akademik maupun non akademik.


Dekan juga berharap kerja sama ini menjadi jembatan yang baik untuk pertukaran budaya, pembelajaran bahasa Cina dan pengenalan budaya Cina serta dapat terus ditingkatkan sehingga pengimplementasiannya berdampak pada pengembangan institusi.


Sebagian dari undangan yang menghadiri acara penandatanganan naskah kerja sama Unud-Konjen Cina.

 

Dekan memberikan apresiasi kepada Konjen Cina atas kerjasama yang telah dijalin dan memfasilitasi penyiapan sarana prasarana meningkatkan mutu SDM dalam penguasaan bahasa Cina. Apresiasi juga disampaikan kepada pimpinan Universitas Udayana yang telah memfasilitasi kerja sama ini.

 

Komitmen Sama Peningkatan Kebudayaan


Konjen Cina Mr Gou Hao Dong dalam kesempatan tersebut menyampaikan pihaknya juga memiliki komitmen yang sama dalam meningkatkan kebudayaan.



Konjen Cina Mr Gou Hao Dong saat memberikan sambutan.

 

Sebelumnya telah ditandatangani MoU dengan Universitas Udayana yang menjadi dasar kerjasama kedua belah pihak dalam berbagai bidang. Lebih lanjut disampaikan bahwa pembentukan China-ASEAN Cross-cultural Institute (CACI) yang merupakan kerja sama antara Unud dengan Beijing University yang difasilitasi oleh Konjen Cina. Hal ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Konjen karena memberi kontribusi terjadinya kerja sama antara dua universitas yang sudah terkenal.

 

Bali yang sudah mendunia dalam hal kebudayaan dan Unud yang merupakan universitas terbaik di Indonesia sehingga sangat tepat CACI didirikan di Universitas Udayana Bali.

 

Berbagai kegiatan Akademik dan Budaya


Sementara Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi dalam arahannya berharap melalui kerja sama pembentukan CACI dapat dilakukan berbagai kegiatan teknis seperti penelitian bersama, pertukaran budaya, pelaksanaan pelatihan bahasa, konferensi maupun seminar bersama.


Kerja sama ini juga diharapkan memberikan manfaat tidak hanya bagi kedua pihak tetapi juga mempererat hubungan kedua negara (*).