FIB Unud dan FIB Universitas Brawijaya Tandatangani Naskah Kerja Sama


Dekan FIB Unud Prof. Sutjiati Beratha memberikan kenang-kenangan kepada Dekan FIB Universitas Brawijaya Malang, Prof. Agus Suman, saat acara penandatanganan naskah kerja sama, Jumat, 11 Mei 2018, di kampus FIB Unud.

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana menandatangani Perjanjian Kerja sama akademik dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jumat, 11 Mei 2016 bertempat di Ruang. Ir. Soekarno kampus setempat.

Acara ini dihadiri oleh dekan, dosen, serta staff dari UB dan Universitas Udayana sejumlah 50 orang. Delegasi UB berjumlah 15 orang terdiri atas Dekan, Wakil Dekan 1, para Ketua Jurusan S1, dan S2 Ilmu Linguistik, dosen, subbag keuangan.


Dekan FIB Unud Prof. Sutjiati Beratha dan Dekan FIB Universitas Brawijaya Malang, Prof. Agus Suman, usai menandatangani naskah kerja sama.

Tindak Lanjut

Penandatanganan perjanjian akademik antar-Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana dengan Universitas Brawijaya Malang ini merupakan tindak lanjut atas perjanjian kerja bersama antara Rektor Universitas Udayana dan Rektor Universitas Brawijaya tahun 2016 tentang kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas SDM.

Tujuan dari kerjasama kedua fakultas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman kedua pihak terhadap disiplin ilmu melalui wawasan dan pengetahuan tambahan dari program penelitian dan publikasi bersama serta pendidikan lanjut dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bentuk program penelitian dan publikasi bersama serta pendidikan lanjut.

Pelaksanaan Kerja Sama

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Brawijaya Malang, Prof, Dr, Agus Suman, SE., DEA menyampaikan metode pelaksanaan kerjasama ini dapat dilaksanakan antara lain dengan program penelitian dan publikasi bersama, saling bertukar informasi tentang kongres, konferensi, seminar dan kegiatan akademik yang lain, menerbitkan karya penelitian di jurnal yang sesuai.

“Kerjasama lebih lanjut akan dikembangkan dan dikoordinasikan secara teratur dengan tujuan merancang program kerja baru tentang isu-isu terkini yang menjadi kepentingan bersama bagi kedua pihak,”ujar Prof. Agus Suman.


Foto bersama

Bermuara pada Inovasi
Kebijakan Kemenristek Dikti bahwa kerjasama antarlembaga dapat dilaksanakan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Tri Darma PT). Program kerjasama dapat terealisasi apabila telah memiliki MoU tingkat Universitas dan LoA (Perjanjian Kerjasama) di tingkat fakultas.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A., berharap agar realisasi outcome dari kerjasama di bidang penelitian (joint-research) bermuara pada publikasi bersama (joint publication) di jurnal yang bereputasi baik yang berskala nasional maupun internasional (Scopus, Thompson Reuter, dll). Riset juga diharapkan bermuara pada inovasi yang menjadi daya ungkit perekonomian bangsa.

Kerjasama untuk Mata Kuliah Terbuka
FIB Unud ke depan menawarkan kerjasama untuk mata kuliah terbuka untuk Universitas yang ada di Indonesia, termasuk Universitas Brawijaya karena FIB Unud telah memiliki MK terbuka, yaitu MK Lintas Budaya.

“Kita pahami Pendidikan Tinggi ke Depan akan menawarkan banyak pilihan model pembelajaran, mulai dari face to face, on line learning, hingga blended learning. Kita juga tidak dapat memungkiri bahwa saat ini pendidikan memang sudah mengarah ke on line learning, meski di sisi lain tak sedikit PT yang masih mengalami kendala dalam infrastruktur," ujar Dekan FIB Unud.

Momen ini merupakan momen yang amat penting di mana FIB Universitas Brawijaya dan FIB Universitas Udayana merancang program kerjasama untuk Tri Darma PT. Kita pahami bersama ini semua bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian dosen (Ida Ayu Laksmita Sari).