FIB Unud Gelar Rapat Evaluasi Waktu Tempuh Studi Mahasiswa Tepat Waktu


Dekan FIB Unud Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha,M.A. (kanan) memimpin rapat evaluasi masa studi tepat waktu, Senin, 4 Juni 2018 (Foto-foto Darma Putra).


Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud melaksanakan rapat evaluasi target capaian masa tempuh studi mahasiswa tepat waktu, Senin, 4 Juni 2018, di aula Widya Sabha, kampus setempat.


Rapat dipimpin oleh Dekan FIB Unud Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha,M.A., didampingin Wakil Dekan I Bidang Akademik Prof. Dr. I Nyoman Suparwa, dan tim unit penjamin mutu FIB.


Hadir dalam rapat tersebut para koordinator program studi untuk S-1, S-2, dan S-3, para dosen yang menjadi pembimbing akademik (PA) mahasiswa. Rapat yang dihadiri sekitar 120 dosen itu berlangsung sekitar 2,5 jam.


Tepat Waktu

Dalam paparannya, Dekan Prof. Sutji menyampaikan kebijakan pimpinan  mengenai target capaian mahasiswa tamat tepat waktu.



Dekan FIB Unud Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha,M.A.


Menurut Dekan FIB Unud, dasar perhitungan lulus tepat waktu adalah untuk S-1 adalah 4 tahun/ 8 semester; S-2 adalah 2 tahun/4 semester, S-3 adalah 3 tahun/6 semester.


Target capaian lulus tepat waktu adalah 70%, yang merupakan kontrak kinerja yang mesti dicapai.


"Sasaran ini harus dicapai dengan tetap berpegangan pada mutu," ujar Prof. Sutji.



Peserta rapat.


Pada kesempatan itu disampaikan statistik lulusan tiap program studi yang masih harus bekerja keras untuk memastikan angka kelulusan tepat waktu sesuai target yang ada.


Usaha-usaha yang dapat ditempuh untuk mencapai target tersebut adalah dengan mengefektifkan proses belajar mengajar dan juga bimbingan dari PA dan pembimbing tugas akhir mahasiswa.



Peserta rapat.


Dekan Prof. Sutji menyampaikan bahwa peran PA sangat penting mulai dari awal studi mahasiswa, kemudian juga peran para pembimbing tugas akhir (skripsi, tesis, dan disertasi).


Presentasi dan Tanya Jawab

Pada rapat tersebut tampil Dr. Giting Suka dan Dr. Seri Malini dari tim penjamin mutu FIB Unud yang memberikan beberapa hal yang perlu dilaksanakan untuk mencapai target waktu tempuh studi tepat waktu mahasiswa yang mencerminkan baku mutu.



Dr. Ginting Suka dari Tim Unit Penjamin Mutu FIB.


"Fakultas Ilmu Budaya sudah mempunyai buku pedoman akademik yang selalu harus dijadikan rujukan dalam proses belajar mengajar dan memberikan bimbingan pada mahasiswa," ujar Dr. Ginting Suka.


Dr. Seri Malini menyampaikan berbagai tipe mahasiswa dan pentingnya komitmen para dosen untuk memotivasi mahasiswa belajar dengan baik sehingga mereka dapat lulus tepat waktu.


"Ada berbagai tipe mahasiswa dengan berbagai hambatan yang mungkin dihadapi. Dosen perlu mengetahui hal-hal seperti itu sehingga bisa memberikan bimbingan dengan efektif," ujarnya.



Dr. Seri Malini.


Acara diisi dengan tanya jawab dengan para dosen. Dalam tanya jawab, banyak gagasan diajukan dan masalah dibahas untuk kesamaan persepsi mengenai kelancaran proses belajar-mengajar dan proses bimbingan.



Suasana tanya jawab.


Beberapa dosen juga memberikan masukan mengenai sistem akademik mahasiswa online (daring) yang terkadang kurang sinkron alur. Untuk hal-hal yang berkaitan dengan sistem informasi akademik online, pimpinan FIB Unud akan meneruskan ke tingkat universitas (dp).