FIB Unud Membentuk Komunitas Pembaca Acara


Peserta acara pembentukan Komunitas Pembaca Acara Unud berfoto bersama.


Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud membentuk Komunitas Pembawa Acara yang peresmiannya dilakukan Rabu (27/3) bertempat di aula Widya Sabha Mandala kampus setempat.


Acara peresmian yang diikuti sekitar 200 peserta yang terdiri atas dosen dan mahasiswa Prodi Sastra Inggris itu dirangkaikan dengan Kuliah Tamu dari Irgi Achmad Fahrezi, seorang MC Profesional, Aktor dan public figure. Irgi tampil dengan materi “Pengembangan Ilmu dan Kompetensi MC dan Public Speaking bagi Generasi Milenial.

 

Menghimpun Mahasiswa, Dosen dan Pegawai

 

Komunitas Pembawa Acara Fakultas Ilmu Budaya Unud merupakan sebuah wadah yang didirikan untuk tujuan menghimpun para mahasiswa, pegawai dan dosen yang memiliki ketertarikan untuk mengembangkan minat dan bakat untuk membawakan acara dan keterampilan berbicara di depan umum (public speaking).



Dekan FIB Universitas Udayana, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A. saat mengesahkan pembentukan Komunitas Pembawa Acara.


Lewat wadah ini mereka bersama-sama belajar dan “bertumbuh”, saling-belajar untuk kemudian bisa berpartisipasi dan memberikan kontribusi keahlian mereka pada berbagai kegiatan di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya pada khususnya dan Universitas Udayana pada umumnya.

 

Dalam sambutannya, Dekan FIB Universitas Udayana, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A. mengungkapkan tujuan dari pelaksanan kuliah umum ini adalah untuk memotivasi mahasiswa agara lebih terampil dan memiliki pengetahuan yang baik mengenai English Performing Arts (EPA).


Kegiatan ini akan diisi dengan pengetahuan tentang MC, Making Speech, Story Telling, Drama, News Reading, dan lain sebagainya. Pengetahuan tentang EPA terdiri atas kesatuan yang kompleks yakni psikis, seperti intelegensi, sifat, sikap, minat, cita-cita dan aspek fisik.

 

English Performing Art (EPA)

 

Komunitas pembawa acara ini digagas oleh dosen pengampu mata kuliah English Performing Art (EPA) Sang Ayu Isnu Maharani, salah seorang staf pengajar di Prodi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana. EPA sendiri adalah mata kuliah baru sebagai hasil lokakarya penyesuaian kurikulum yang telah dilakukan 22-24 Maret 2017.


Irgi Achmad Fahrezi saat memberikan pencerahan tentang MC.


Mata kuliah EPA terbagi atas beberapa konsentrasi di antaranya adalah Pembawa Acara (MC), EPA Pidato (Speech), EPA Pembaca Berita (News Reading), EPA Drama, dan EPA Puisi (Poetry). Adapun anggota komunitas adalah seluruh mahasiswa Sastra Inggris yang mengambil mata kuliah EPA MC.


Peresmian komunitas MC tentunya menyambut baik keikutsertaan para pegawai dan dosen yang juga nantinya akan turut bergabung membesarkan komunitas ini.

 

Acara ini diharap bisa memberikan semangat dan inspirasi bagi para civitas untuk bisa serius dalam belajar dan menekuni profesi ini secara professional. Irgi yang merupakan mantan MC Indonesian Idol ini akan berbagi ilmu terkait pengalamannya sebagai MC Profesional dan juga memberikan tips terkait bagaimana berbicara di depan umum. 



Dwi Verayanti,memberikan materi saat acara.


Selain Irgi, juga hadir Dwi Verayanti, lulusan Sastra Inggris yang saat ini bekerja menjadi presenter lepas di Bali TV (Isnu/Bayu/DM).