FIB Unud Selenggarakan Research Talk dengan Tema Kontestasi Politik, Pariwisata, dan Kelahiran Jurusan Sastra Inggris Unud

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) menyelenggarakan FreTalk (FIB Research Talk XV) pada hari Selasa, 20 Februari 2024 bertempat di Ruang Priyono, Gedung Poerbatjacara, FIB Unud dengan narasumber Prof. Dr. I Nyoman Wijaya, M.Hum. dan dimoderatori oleh Dr. Nanang Sutrisno, S.Ag., M.Hum. Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan II, Prof. Dr. Dra. Ni Ketut Ratna Erawati, M.Hum. dan dihadiri oleh semua elemen sivitas akademika Unud dari mahasiswa hingga dosen.


Wakil Dekan II dalam pembukaannya menyampaikan bahwa tema ‘Kontestasi Politik, Pariwisata dan Kelahiran Jurusan Sastra Inggris Unud’ merupakan tema kolaboratif dan penuh warna karna mencakup beberapa bidang dari politik hingga pariwisata.


Melalui pembukaannya Wakil Dekan II juga menyampaikan “Politik mempunyai dinamika yang cepat sehingga peraturan cepat berubah dan Bali merupakan pusat pariwisata dunia akan mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan masyarakat Bali, berdirinya Sastra Inggris Unud merupakan jawaban dari dinamika dan perubahan tersebut.”


Pada sesi pemaparan, Prof. Dr. I Nyoman Wijaya, M.Hum. menyampaikan bahwa materi yang disampaikan ini berasal dari risetnya yang dilakukan dengn metode pascamodern. Menurut Prof. Wijaya, pendirian Prodi Sastra Inggris sendiri berhubungan erat dengan relasi kuasa dalam arena pariwisata Bali.


“Pendirian Prodi Sastra Inggris Unud dianggap relevan karena sebagai perangkat lunak dalam pengembangan pariwisata di Bali sehingga berkontribusi dalam pembangunan Bali hingga masa kini.” pungkas Prof. Wijaya dalam pemaparannya. (gfp)