Delegasi Guangxi Normal University menyerahkan kenang-kenangan kepada Dekan FIB Unud


Delegasi perwakilan Guangxi Normal University mengunjungi Fakultas Ilmu Budaya pada Senin, 26 November 2018. Delegasi ini diterima langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A., beserta jajarannya. Turut hadir pula perwakilan dari Center for International Program (CIP) Universitas Udayana. Kehadiran delegasi Guangxi Normal University diterima di Ruang Sidang Dr. Ir. Soekarno kampus setempat.



Kedatangan delegasai Guangxi Normal University adalah bentuk kunjungan bilateral kampus tersebut dengan Universitas Udayana. Guangxi Normal University memiliki lima orang mahasiswa yang mengikuti program pertukaran pelajar di Universitas Udayana, khususnya Fakultas Ilmu Budaya.



Dekan FIB dalam sambutannya mengucapkan selamat datang pada delegasi Guangxi Normal University yang telah hadir di kampus FIB. Sejak penandatangan MoU antara Gungxi Normal University dan Unud tahun 2017, program pertukaran pelajar sebagai salah satu isi MoU telah mulai berjalan. “Program student exchange telah berjalan, dan lima mahasiswa dari Gungxi telah mengikuti perkuliahan di FIB. Meski terdapat kendala, namun sumua kendala tersebut berusaha kita atasi. Mencari jalan keluar terbaik,” ungkap Prof. Sutjiati.



Prof. Sutjiati juga mengharapkan bahwa ke depan, kerjasama antara kedua universitas dapat lebih berkembang lagi pada bidang-bidang lainnya, seperti penelitian bersama atau pengabdian bersama. Sebab banyak hal khususnya bidang budaya yang dapat dibangun kerjasama.



Dekan FIB, Prof. Dr. Sutjiati Beratha, M.A., saat memberikan sambutan


Harapan Serupa



Perwakilan delegasi Guangxi Normal University turut mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah mendapatkan sambutan yang sangat baik dari Unud, khususnya FIB. Guangxi Normal University dan Unud memiliki kesamaan, khususnya dalam hal lokasi kampus yang sama-sama berada di wilayah pariwisata dunia.



“Kami juga sepakat bahwa kerjasama Guangxi Normal University dan Unud berkembang ke bidang lainnya seperti yang disampaikan oleh ibu dekan. Kami juga berharap mahasiswa kami mampu melewati semua program selama di Unud dengan baik. Terima kasih juga atas semua bantuan dan fasilitas dari Unud kepada semua mahasiswa kami selama di sini” ungkap delegasi Guangxi Normal University.



Beberapa mahasiswa Tiongkok yang turut hadir dalam acara


Guangxi Normal University membuka peluang besar bagi mahasiswa dari Unud untuk melakukan student exchange ke Guangxi. Guangxi Normal University membuka kelas belajar bahasa Mandarin setiap tahunnya bagi mahasiswa dari seluruh dunia yang berminat belajar bahasa Mandarin.



Acara kunjungan ini menjadi ajang memperdalam hubungan Guangxi Normal University dan Unud, serta mendiskusikan beberapa hal terkait MoU dan LoA yang telah disepakati sebelumnya.



Koprodi Sastra Indonesia, Dr. I Ketut Sudewa, M.Hum., Drs. I Wayan Teguh, M.Hum., dan Dr. Ni Made Dhanawaty sebagai perwakilan Prodi Sastra Indonesia dan BIPA



Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A., saat menyerahkan kenang-kenangan kepada delegasi Guangxi Normal University



Pihak Dekanat FIB berfoto bersama dengan delegasi Guangxi Normal University

(gita purnama)