Dekan FIB Unud Prof. Dr. Sutjiati Berataha,M.A. (dua dari kanan) usai memberikan apresiasi kepada narasumber Prof Eishi Hirose dari Shizuoka Jepang, didampingi Ketua Panitia Dr. Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum., M.Hum. (kanan) dan Korprodi Sastra Jepang Ngurah Indra Pradhana, S.S., M.Hum. (paling kiri)


Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana mengadakan seminar dan lokakarya Pendidikan Bahasa Jepang Sakura Network Program 2019 dengan tema “Politeness in Japanese Communication” (Kesopanan dalam Komunikasi Bahasa Jepang), Selasa, 2 April 2019, bertempat di ruang Ir. Soekarno kampus setempat.

 

Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FIB Unud Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha,M.A. terselenggara atas kerja sama FIB Unud dengan Shizuoka University of Arts and Culture dan Japan Foundation. Acara diikuti 70 orang yang terdiri dari mahasiswa S1, S2, dan S3, serta guru dan dosen bahasa Jepang di Bali.


Narasumber Prof. Eishi Hirose dari Shizuoka University of Art and Culture Jepang

 

Nara sumber pada acara seminar ini adalah Prof Eishi Hirose dari Shizuoka University of Art and Culture Jepang yang merupakan ahli linguistik bidang pragmatik dan morfologi bahasa Jepang. Prof Hirose sudah memberikan beberapa kali ceramah di Indonesia.


Peserta seminar dan lokakarya.

 

Kedatangan Prof Eishi Hirose dari Shizuoka University of Art and Culture  untuk pertama kalinya ke Universitas Udayana juga membawa misi untuk merintis kerja sama antaruniversitas. Sehari sebelum seminar, Prof Eishi Hirose sempat menghadap Rektor Unud yang didampingi WR 1 Unud di kampus Bukit Jimbaran.


Suasana seminar dan lokakarya.

 

Ajakan Kerja Sama

 

Dekan FIB Unud Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A. menyambut baik kegiatan seminar yang merupakan hasil kerja sama. Ke depan, kerja sama seperti ini bisa dilanjutkan dan diformalisasikan dengan membuat MoU (Memorandum of Understanding).

 

Prof. Sutji menyampaikan bahwa kerja sama bisa dilakukan dalam empat bidang yaitu pertukaran mahasiswa, dosen, kerja sama riset, dan kolaborasi dalam publikasi.


Dekan FIB Unud Prof. Dr. Sutjiati Beratha, M.A. saat membuka seminar.

 

“Kami berharap agar kerja sama bisa terwujud dengan cepat karena akan dapat mendukung profil internasional fakultas,” harap Dekan FIB.

 

Seminar dan Workshop

 

Ketua panitia seminar Dr. Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum., M.Hum. menyampaikan bahwa kegiatan seminar kali ini juga dirangkaikan dengan workshop bijinesu Nihongo “bahasa Jepang untuk bisnis”.

 

Pembelajar bahasa Jepang yang mengikuti kegiatan ini dapat memahami dan menemukan kesalahan-kesalahan secara langsung pemakaian bahasa Jepang mereka.


Suasana pembukaan seminar.

 

Kegiatan berlangsung interaktif dan peserta workshop sangat aktif ketika melakukan diskusi kelompok.

 

Dua Manfaat

 

Dr. Ida Ayu Laksmita Sari, S.Hum. M.Hum. menyampaikan bahwa kegiatan seminar kali ini ini memiliki setidaknya dua manfaat. Pertama, mendorong pengembangan minat dan studi kejepangan di Indonesia.


Peserta dan narasumber berfoto bersama usai acara.


Kedua, seminar ini bisa membuka dan memperkuat usaha untuk membangun jejaring internasional dalam rangka peningkatan produktivitas dan kualitas dalam penelitian dan pendidikan kejepangan.

 

Ketua penitia mengucapkan terima kasih kepada Universitas Udayana, Shizuoka University of Art and Culture, dan Japan Foundation yang telah menjadi sponsor sehingga acara ini dapat berlangsung dengan baik (Tim Web FIB).