Dekan FIB, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha tiup lilin sebagai simbolis puncak perayaan HUT didamping para Wakil Dekan, Ketua Senat, dan Ketua Panitia


Fakultas Ilmu Budaya Unud merayakan puncak HUT ke-60 dan BK ke-36 pada hari Senin, 24 September 2018. Puncak peringatan hari ulang tahun dilaksanakan di kampus setempat dengan diawali upacara bendera. Upacara bendera berlangsung khidmat yang dilaksanakan di halaman depan kampus FIB, peserta upacara bendera diikuti oleh mahasiswa, dosen, serta pegawai FIB Unud.


Upacara bendera dipimpin langsung oleh dekan FIB Unud, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A. Upacara bendera kali ini tampak berbeda karena terdapat beberapa peserta yang menggunakan pakaian adat nusantara. Kesan kebhinekaan mewarnai khidmatnya upacara bendera kali ini.



Dekan FIB Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha M.A., saat memberikan sambutan pada puncak HUT ke-60 FIB


Puncak Perayaan HUT


Puncak perayaan HUT ke-60 FIB dipusatkan di Aula Widya Sabha Mandala Prof. Dr. Ida Bagus Mantra yang diikuti oleh segenap sivitas akademika FIB. Acara diawali dengan laporan ketua panitia HUT ke-60 FIB Unud, Dr. Ni Ketut Puji Astuti Laksmi, S.S., M.Si. pada laporannya Dr. Puji mengucapkan rasa terimaksih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia HUT yang telah bekerja dengan maksimal untuk menyukseskan kegiatan HUT kali ini. Demikian juga kepada seluruh keluarga besar FIB yang telah turut berpartisipasi pada semua kegiatan ulang tahun.


Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FIB Unud, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A. Dalam sambutanya Prof. Sutji menyampaikan capaian-capaian yang telah dikerjakan oleh FIB selama ini, serta menyampaikan langkah-langkah FIB ke depannya dalam menyongsong industri 4.0. “Kami telah menyiapkan berbagai komponen-komponen untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar. Di antaranya adalah kelengkapan dokumen mutu, menerapkan pembelajaran inovatif dengan sistem blanded learning, meningkatkan saranan dan prasarana untuk persiapan AUN-QA dan AMI, serta melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dua kali dalam setahun,” ungkap Prof. Sutji.


Selain itu, pemberian reward juga dilakukan kepada mahasiswa, dosen, serta pegawai yang memiliki prestasi serta memiliki dedikasi yang tinggi pada fakultas. Untuk mahasiswa berprestasi diberikan penghargaan serta beasiswa, untuk pegawai diberikan penghargaan sebagai pegawai berprestasi. Sementara untuk dosen berprestasi diberikan anugerah Prof. Dr. I.B. mantra untuk dosen dari Prodi Bahasa, serta anugerah Poerbatjaraka untuk dosen Prodi Budaya.


Puncak perayaan HUT ditandai dengan pemotongan kue secara simbolis oleh dekan yang didampingi oleh para wakil dekan serta ketua senat FIB. Pemotongan kue diiringi lagu Selamat Ulang Tahun yang turut dinyanyikan oleh seluruh keluarga besar FIB.



Mahasiswa berprestasi yang menerima penghargaan dari fakultas



Pemberian Penghargaan


Pemberian penghargaan serta apresiasi dari fakultas kepada mahasiswa berprestasi, pegawai berprestasi, serta dosen berprestasi. Mahasiswa berprestasi terbagi dalam dua kategori yaitu berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik. Pada kesempatan kali ini mahasiswa berprestasi yang berhak menerima penghargaan sekaligus beasiswa adalah Putu Wahyu Widiatmika (Sastra Inggris), I Gusti Putu Surya Angga Bhuana (Sastra Bali), dan Gede Boy Sistha Nanda Dipraja (Sastra Jepang).


Pegawai berprestasi penerima Award Fakultas Ilmu Budaya Tahun 2018 adalah I Gusti Ngurah Bagus Antara, S.E., M.M. dan Dra. Ni Nyoman Aryani. Kedua pegawai FIB tersebut dinilai memiliki dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas serta bertanggung jawab dalam menyelesaikan kewajibannya.


Sementara untuk dosen berprestasi dan penerima Award Prof. Dr. R. M. Ng. Poerbatjaraka adalah Dr. Drs. I Nyoman Wardi, M.Si., dari Program Studi Arkeologi. Dosen berprestasi yang berhak menerima Award Prof. Dr. I.B. Mantra adalah Dr. Drs. Ida Bagus Rai Putra, M.Hum., dari Program Studi Sastra Bali. Kedua dosen tersebut dinilai memiliki prestasi dibidang akademik dan berdedikasi dibidang keilmuan masing-masing.


Penghargaan juga diberikan bagi dosen yang telah menyelesaikan pendidikan S2 yaitu A.A. Dewi Girindra Wardani, S.S., M. Hum. Serta penghargaan untuk dosen yang telah menyelesaikan pendidikan S3 diantaranya adalah Dr. I Made Madia, M.Hum., Dr. I Nyoman Wardi, M.Si., Dr. Ni Ketut Puji Astiti Laksmi, S.S., M.Si., Dr. Made Ratna Dian Aryani, S.S., M.Hum., Dr. I Wayan Tagel Eddy, M.Hum., Dr. Bambang Dharwiyanto Putro, S.S., M.Hum., dan Dr. Ketut Widya Purnawati, S.S., M.Hum.


Penghargaan dan apresiasi juga diberikan kepada dosen-dosen yang telah memasuki masa purnabakti diantaranya adalah Prof. Dr. A.A. Bagus Wirawan, S.U., Drs. I Made Jiwa Atmaja, S.U., Drs. I Made Suida, Dra. Ida Ayu Sruthi, M.Hum., Drs. Ida Bagus Made Suasta, Drs. I Nyoman Supatra, Drs. I Ketut Pradnya, Dr. I Wayan Resen, M.A., M. App. Ling., Dr. Frans I Made Brata, M.Hum., Dra Maria Gorethy Nie Nie, M.Hum. Fakultas menguncapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian para dosen tersebut selama ini.



Tari Janger persembahan mahasiswa asing BIPA


Hiburan


Puncak perayaan HUT ke-60 dimeriahkan dengan berbagai hiburan yang diawali dengan Tari Saraswati sebagai tari kebesaran FIB. Hadir pula musikalisasi puisi, peragaan busana, sumbangan lagu dari dekan FIB, serta pementasan Tari Janger dari mahasiswa asing BIPA dan Dharma Siswa RI. 



Dr. Drs. I.B. Rai Putra dan Dr. Drs. I Nyoman Wardi sebagai dosen berprestasi tahun 2018



Sivitas akademika FIB yang turut meramaikan puncak HUT ke-60 FIB

(Tim Web FIB)