Kuliah Pakar (Master Courses) Linguistik International

Kuliah Pakar (Master Courses) Linguistik International

Kuliah Pakar (Master Courses) Linguistik International diadakan sebagai usaha untuk memberikan kuliah penyegaran dan pendalaman linguistik kepada dosen, peneliti dan mahasiswa Indonesia. Kuliah akan diberikan oleh pakar-pakar linguistik dari mancanegara.

Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan peserta bisa menerapkan prinsip-prinsip dasar ancangan teori tertentu untuk meneliti dan menganalisis temuan bahasa Nusantara sehingga kualitas kajian dan tulisan (artikel dan tesis) bisa mencapai standar tinggi untuk bisa terbit pada jurnal nasional dan internasional.

Tema

Untuk Kuliah Pakar ini temanya adalah ‘Linguistik Austronesia dan Potensi Bahasa-bahasa Nusantara untuk Kemajuan Indonesia dalam Kompetisi global abad XXI’. Tema ini sesuai dengan situasi kebahasaan di Nusanatara yang kaya akan keanekaragaman bahasa, yang berpotensi mengharumkan nama Indonesia dalam persaingan global dewasa ini.

Penyaji dan Materi Ada dua kuliah dari bidang linguistik utama yang akan diberikan. Berikut ini adalah uraian singkat kuliah-kuliah yang akan ditawarkan beserta ahli bahasa yang akan menjadi penyaji:

1. Introduction to LFG (Lexical-Functional Grammar) Uraian singkat: LFG adalah salah satu ancangan teori tatabahasa mutakhir yang sangat bermanfaat untuk kajian bahasa secara teoritis, dan juga untuk deskripsi dan kajian secara tipologis.

Penyaji: Professior Mary Dalrymple (Oxford University) & Dr. I Wayan Arka (Udayana/ANU). Prof. Dalrymple adalah ahli sintakis dan linguistik komputasional, penulis buku Lexical Functional Grammar. Silabus kuliah [klik di sini] 2. Anthropological Linguistics Uraian singkat: Kuliah ini memberikan dasar-dasar kajian linguistik antropologi untuk bisa memedah fenomena kompleks yang mencerminkan keterkaitan linguistik dan budaya, dengan mengambil kasus-kasus dari budaya Austronesian world. Penyaji: Professor William A. Foley (Sydney University). Prof. W. Foley adalah ketua program linguistik di Sydney University, penulis dari buku Anthropological Linguistics. Silabus kuliah [klik di sini] Literatur awal untuk dibaca bisa di klik disini dan di sini. Peserta Peserta seminar adalah para pakar-pakar Austronesia di bidang ilmu-ilmu sosial dan humaniora, perguruan tinggi, lembaga dan pusat penelitian, para karya siswa S2 dan S3 linguistik, dan Sastra dan para peminat baik dari dalam maupun luar negeri. TEMPAT TERBATAS, PRIORITAS DIBERIKAN KEPADA PESERTA DOMESTIK DAN PENDAFTAR AWAL Pendaftaran ditutup tanggal 30 Mei 2012, atau sebelum tanggal 30 Mei 2012 jika kuota jumlah sudah terpenuhi. Biaya:
Rp 1.500.000 (peserta domestik)
Rp 2.000.000 (peserta mancanegara) Pendaftaran dan pembayaran: Kirim formulir pendaftaran terlampir ke Bali.KuliahPakar@gmail.com. [DOWNLOAD FORMULIR PENDAFTARAN] Pembayaran bisa dikirim lewat transfer ke rekening BCA (Bank Central Asia), KCP GRAND SUDIRMAN melalui Rekening : 6110383361 dan tanda pembayaran (receipt) juga dikirim ke Bali.KuliahPakar@gmail.com. Atau dibayar di tempat di Bali pada waktu konferensi LFG/ICAL.
Uang pendafataran sudah termasuk biaya makan siang, kudapan dan keperluan lain untuk perkuliahan.------------------