Lawatan Akademik Prof. Dr. I Nengah Sudipa, M.A. di Ranah Minang

Prof. Dr. I Nengah Sudipa, MA dosen senior Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana memenuhi undangan untuk menjadi narasumber dan dosen tamu di Padang Sumatera Barat. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 13 dan 14 September 2018 dilakukan di dua Universitas yang berbeda, yaitu Universitas Negeri Padang dan Universitas Andalas.




Prof. Dr. I Nengah Sudipa, M.A., sebagai narasumber Lokakarya Penulisan Artikel Ilmiah di Prodi Ilmu Keguruan Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang


Narasumber Workshop


Prof. Dr. I Nengah Sudipa, M.A., menjadi narasumber tunggal dalam acara Lokakarya Penulisan Artikel Ilmiah Jurnal Internasional dengan topik “Kiat Menembus Publikasi Internasional”. Kegiatan lokakarya ini dilaksanakan oleh Program Studi S3 Ilmu Keguruan Bahasa (IKB) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang (UNP). Prof. Dr. Jufrizal, M. Hum., selaku Kordinator Prodi mengatakan bahwa pelatihan ini memberikan wawasan yang baru bagi karyasiwa untuk kian memantapkan diri menulis artikel ilmiah.


“Prodi ini sudah memiliki mahasiswa  tiga angkatan dan segera akan tamat. Pelatihan ini membantu karyasiswa kami untuk membuat artikel agar mampu menembus publikasi internasional. Sebagai salah satu syarat tamat Doktor adalah berhasil memuat tulisan di Jurnal Internasional, kehadiran Prof. Sudipa benar-benar memberikan kontribusi bagi kami di UNP,”ungkap Prof. Jufrizal.


Prof. Sudipa melihat potensi karyasiswa di prodi ini cukup besar, tinggal diasah lebih rutin lagi. Guru besar jebolan Monash University Melbourne Australia ini pun mengungkapkan bahwa lokakarya adalah salah satu cara mengasah dan mengembangkan kemampuan menulis.


Kegiatan yang berlangsung sehari penuh ini telah mampu memotifasi para peserta dan telah mampu menghasilkan sejumlah sejumlah draft artikel oleh mahasiswa yang siap direvisi dan direview sebelum dikirim ke Jurnal yang tepat  sesuai dengan topik.



Prof. Dr. I Nengah Sudipa, M.A., sebagai dosen tamu dalam Kuliah Umum pada Prodi S2 Ilmu Linguistik Universitas Andalas



Dosen Tamu


Selain menjadi narasumber dalam lokakarya, Prof. Sudipa juga menjadi narasumber dalam kuliah umum di Program Studi (Prodi) Magister Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Padang pada Jumat 14 September 2018. 


Pada kuliah umum ini Prof. Sudipa memberikan materi kuliah umum tentang Natural Semantic Metalanguage (NSM). Kuliah umum ini diikuti oleh 42 mahasiswa Prodi Magister Ilmu Linguistik dan sejumlah Dosen di Prodi tersebut. Sebagai dosen tamu, selama tiga jam Prof. Sudipa menyampaikan materi dengan menyertakan contoh-contoh bahasa daerah untuk memberi ciri khas teori NSM ini bisa diaplikasikan pada bahasa lain selain bahasa Inggris.


“Sajian ilmiah dengan contoh- contoh bahasa Lokal sangat menarik perhatian mahasiswa, “ demikian kesan Dr. Moh. Yusdi, M.Hum., kordinator S2 Ilmu Linguistik di Universitas Andalas. Dalam sajian itu, Prof. Sudipa juga menyertakan  sejumlah bukti tesis yang sudah menerapkan NSM dengan berbagai topik. NSM ternyata bisa dijadikan ‘alat bedah’ dalam bidang linguistik murni, terjemahan dengan kaidah mappingnya serta bidang-bidang yang bersentuhan dengan ilmu makna


Prof. Dr. Oktavianus, M.Hum., salah seorang dosen di prodi S2 Ilmu Linguistik Universitas Andalas sangat mengapresiasi materi yang disampaikan pada kuliah umum ini. “Ada contoh bahasa Indonesia, ada bahasa Bali dan beberapa leksikon bahasa Minang, membuktikan bahwa NSM bisa diaplikasi secara lintas bahasa,” ungkap Prof. Oktavianus.


I Gede Gita Purnama A.P.