LULUSAN FIB UNUD DIHARAPKAN MENJADI PENCIPTA PELUANG KERJA: DARI PELEPASAN CALON WISUDA KE-129 FIB UNUD


Bertempat diAuditorium Widhya Sabha Mandala Prof. Ida Bagus Mantra, Fakultas Ilmu BudayaUniversitas Udayana kembali menggelar acara pelepasan calon wisudawan pada hariKamis, tanggal 6 Desember tahun 2018. Acara pelepasan yang ke-129 tersebutdihadiri oleh Ketua Senat, Guru Besar, Dekan, Wakil Dekan I, II, dan III,Koordinator Program Studi S2 Magister Kajian Budaya dan Lingusitik, KoordinatorProgram Studi Sarjana, Ketua dan Sekretaris Bipa, Ketua dan Bendahara POM,Ketua BPM dan Senat, UKM Satyam Siwam Sundaram, dan UKM Paduan Suara FakultasIlmu Budaya Universitas Udayana, serta para orang tua atau kerabat pada calonwisudawan.  


Sebelum pelepasan, telahdiadakan Seminar Alumni yang menghadirkan 3 orang narasumber dari mahasiswaProgram Studi Magister Linguistik, Program Studi S1 Bahasa dan Nonbahasa padahari Rabu, 5 Desembar 2018. Menurut laporan Wakil Dekan I Bidang Akademik,Prof. Dr. I Nyoman Suparwa, M.Hum pelepasan kali ini lebih banyak berbungakarena dari 51 orang calon wisudawan, sebanyak 28 orang perempuan dan 23 oranglaki-laki. Prof Suparwa juga menambahkan bahwa pelepasan pada tri wulan ke empattahun 2018  ini sekaligus sebagaievaluasi kinerja FIB bidang akademik di akhir tahun.




Dari 51 orang calonwisudawan tersebut, Prodi Magister Linguistik melepas 12 orang, Prodi SastraBali  4 orang, Prodi Sastra JawaKuno  2 orang, Prodi Sastra Indonesia 2orang, Prodi Sastra Jepang  1 orang, ProdiSastra Inggris 21 orang, Prodi Sejarah  1orang,Prodi Arkeologi 5 orang, dan Prodi Antropologi 3 orang. Total alumni Fakultas Ilmu Budaya berdasarkan catatan akademikFIB saat ini berjumlah 9656 orang. Di bagian akhir sambutannya, WD I FIB asalTabanan tersebut menjelaskan bahwa IPK rata-rata calon wisudawan dari ProdiMagister Linguistik adalah 3,66 dengan masa studi 4 tahun 1 bulan, sedangkanIPK rata-rata calon wisudawan di tingkat sarjana 3,46, dengan rata-rata masastudi 4 Tahun 8 bulan.




Berdasarkan sambutandari Wakil Dekan 3 yang dijabat oleh Prof. Dr. I Nyoman Weda Kusuma, M.S., calonwisudawan terbaik S2 Magister Linguistik diraih oleh R. Guntur Mahardika denganlama studi 2 tahun dan IPK 3,90 dengan predikat pujian. Sementara itu, calonwisudawan terbaik di tingkat S1diraih oleh Putu Sanggra Putri Ariani dariProgram Studi Sastra Inggris dengan lama studi 3 tahun 3 bulan dan IPK 3,96. Prof.Weda Kusuma berharap lulusan terbaik dapat melanjutkan studi di jenjang yanglebih tinggi sehingga bisa meningkatkan karier di bidang akademis sepertimenjadi pengajar/dosen di perguruan tinggi.  




Sepertibiasa, pelepasan calon wisudawan setiap penyelenggaraannya juga diisi dengansambutan dari perwakilan calon wisudawan. Sambutan tersebut diwakili oleh Putu Sanggra Putri Ariani sebagaimahasiswa lulusan terbaik di tingkat sarjana. Sanggra, menyatakan hutang budikepada Fakultas Ilmu Budaya karena di lembaga inilah dirinya ditempa denganberbagai pengetahuan. Tidak hanya itu, fasilitas kampus juga dinyatakannyasangat menunjang terciptanya suasana akademis yang kondusif dalam menempuhproses belajar mengajar. Meski parkir dinyatakannya masih perlu ditata lagidengan baik, sarana penunjang perkuliahan di FIB berangsur-angsur lebih lengkapsetiap tahunnya. Pada kesempatan itu, Sanggra menghaturkan ucapan terima kasihkepada dosen-dosen yang telah mengajarnya selama kuliah di FIB, termasuk pulajajaran dekanat, dan staf administratif di FIB karena telah mendukungsepenuhnya proses pendidikan di FIB.


Sebagaipamungkas acara, calon wisudawan mendapatkan arahan dari Dekan Fakultas IlmuBudaya Unud yang dijabat oleh sambutan Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A.Beliau menyampaikan ucapan selamat kepada para calon wisudawan karena seluruhtahap pembelajaran di FIB telah berhasil ditempuh dengan baik. Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh dekan perempuan pertama FIB ini kepada koordinatorprodi karena pelepasan ke-129 tidak ada yang lulus dengan predikat memuaskan,tetapi sangat memuaskan dan dengan pujian. Pada kesempatan itu, beliau jugamenyampaikan kepada para mahasiswa agar senantiasa memanfaatkan berbagaipeluang yang telah disediakan oleh FIB, salah satunya yaitu Program Student Exchangeyang bisa diikuti oleh semua mahasisa FIB. Dengan mengikuti acara pertukaranpelajar itu, cakrawala mahasiswa pasti akan terbuka untuk senantiasameningkatkan kualitas dirinya menghadapi persaingan dunia global.




DekanFIB yang berasal dari wilayah Sumerta Denpasar ini juga memberi motivasi agarlulusan FIB Unud menjadi pengabdi masyarakat yang tangguh sehingga dapatberkontribusi pada lingkungan terdekat sampai bangsa.  Para lulusan FIB saat ini harus berani menjadipencipta lapangan kerja yang penuh dengan inovasi. Beliau juga menyatakan bahwauntuk mewujudkan hal itu FIB sendiri terus menerus berbenah dengan caramenyediakan fasilitas kampus yang memadai, termasuk melakukan evaluasi setiapbulan dalam Rapim. Beliau menegaskan apabila ada keluhan mengenai sarana danprasarana mahasiswa berhak melakukan koordinasi dengan bagian perlengkapan FIBsehingga bisa dengan cepat diperbaiki. Di bagian akhir sambutannya, Dekan FIByang sangat getol meneliti budaya Bali ini mendorong agar dari FIB lahirwirausaha-wirausaha muda yang senantiasa mengharumkan nama almamaternya.





@Putu Eka Guna Yasa