Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Bali kembali melaksanakan program kerja tahunannya yaitu Temu Kekeluargaan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (TKPKM) tahun 2021. Berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya akibat dari pandemi Covid-19 maka kegiatan TKPKM tahun ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 4 dan 5 Februari 2021.

TKPKM merupakan bentuk dari kegiatan kekeluargaan yang ditunjukan untuk seluruh keluarga besar Program Studi Sastra Bali khususnya mahasiswa baru dengan tujuan untuk memperkenalkan Program Studi Sastra Bali, para dosen pengajar, serta pengenalan mengenai Mahasaba (Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Bali) bagi mahasiswa baru. Kegiatan TKPKM pada tahun ini bertemakan “Munyi Manis Semita Bingar” dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi Sastra Bali angkatan 2017 sampai dengan angkatan 2020.

Pada hari pertama serangkaian kegiatan TKPKM tahun 2021 diawali dengan pembukaan dan stadium general yang dilakukan secara daring (online). Acara dibuka secara resmi oleh Koordinator Prodi Sastra Bali Dr. I Wayan Suardiana M.Hum. dan dilanjutkan oleh sambutan oleh Wakil Dekan III Dr. Dra. Ni Ketut Ratna Erawati, M.Hum. yang menyambut baik kegiatan ini dengan harapan kegiatan TKPKM dapat mempererat hubungan kekeluargaan di lingkungan Program Studi Sastra Bali.



Stadium general pada kegiatan ini diisi oleh tiga orang pembicara yaitu Dewa Ayu Carma Citrawati yang membahas mengenai Kakawian Mabasa Bali, pembicara kedua I Gede Gita Purnama Arsa Putra yang membahas tentang Digitalisasi Basa Aksara dan Sastra Bali, dan pembicara ketiga Putu Ekaa Guna Yasa yang memaparkan mengenai Jiwa Kepemimpinan dalam Karya Sastra yang Ditulis oleh I Gusti Ngurah Made Agung. Kegiatan stadium general ini diharapkan mampu memberikan motivasi dan inspirasi terutama kepada seluruh mahasiswa baru.




Hari kedua serangkaian kegiatan TKPKM 2021 diselenggarakan di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana. Pada hari kedua ini seluruh mahasiswa baru melaksanakan kegiatan pembersihan di area kampus dan penyemprotan disinfektan sebagai langkah penerapan protokol kesehatan. Seusai melakukan kegiatan pembersihan, acara dilanjutkan dengan pengenalan Program Studi Sastra Bali, pengenalan para dosen, dan pengenalan mahasiswa Angkatan 2017 sampai 2019.




Selain melaksanakan kegiatan di lingkungan kampus, Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Bali juga melakukan bakti sosial dengan memberikan sumbangan berupa kebutuhan pokok ke Panti Asuhan Dharma Jati II. Bakti Sosial ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa Angkatan 2017 dan 2018 sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Seluruh rangkaian kegiatan TKPKM tahun 2021 berjalan dengan lancar dengan tetap menaati protokol kesehatan dan kemudian tutup oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Bali.

(I Gst Agung Bagus Cakra Baskara & Ni Kadek Dewi Angriyanti)