Orientasi BIPAS di Fakultas Ilmu Budaya Dilangsungkan Secara Daring dan Diikuti oleh Mahasiswa dari Eropa


 

Program Bali International Program on Asian Studies (BIPAS) menggelar acara orientasi mahasiswa pada, Kamis 11 Februari 2021. Acara berlangsung secara daring dan disiarkan langsung di akun Youtube Fakultas Ilmu Budaya.

 

Program BIPAS ini terselenggara atas kerja sama FIB Unud dengan Asia Exchange. Program BIPAS ini berlangsung sudah lebih dari 20 angkatan. Orientasi dan serah terima mahasiswa BIPAS dihadiri oleh Dekan FIB, Perwakilan Asian Exchange, Kantor Urusan Internasional Unud, Pengelola Program BIPAS, serta dosen pengajar.

 

Mahasiswa asing yang mengikuti program BIPAS tahun ini terdapat 18 mahasiswa yag berasal dari beberapa negara di Eropa.

 

Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan selamat bergabung bagi mahasiswa yang mengikuti program BIPAS. “Meski dengan kondisi di tengah Pendemi COVID-19, semangat peserta untuk mengikuti rogram BIPAS tetap tinggi,” ungkap Dr. Sri Satyawati. Meski jumlah mahasiswa BIPAS tidak sebanyak tahun sebelumnya ketika kelas berlangsung dengan tatap muka langsung.

 

Ketua Program BIPAS, Anak Agung Sagung Shanti Sari Dewi, S.S., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Unud, FIB, dan Asian Exchange yang telah menjali kerja sama serta memfasilitasi program BIPAS ini.

 

“Meski dalam kondisi pendemi dan perkuliahan secara daring, kami berusaha menjalankan program BIPAS dengan baik. Kami menggunakan Sisco WEBEX, BIPAS Dropbox, dan OASE Unud untuk memfasilitasi seluruh peserta dan dosen program BIPAS,” ungkap Sagung Shanti.

 

Serah Terima Mahasiswa

 

Perwakilan dari Asian Exchange, Hannes Borgwardt dalam kesempatan serah terima mahasiswa BIPAS menyampaikan terima kasih kepada Universitas Udayana serta FIB yang membantu memfasilitasi program ini sejak tahun 2008.

 


“Saya adalah salah satu peserta BIPAS dulu, kemudian dari program ini saya mulai jatuh cinta pada Indonesia, Bali khususnya. Untuk seluruh mahasiswa program BIPAS, kita semua berharap krisis ini segera berakhir dan dapat segera mengikuti program ini langsung di Bali. Sehingga seluruh mahasiswa dapat langsung merasakan indanya Bali,” ungkap Hannes.

 

Serah terima tanggung jawab mahasiswa program BIPAS dari Asian Exchange kepada Universitas Udayana dilakukan melalui simbolis penyerahan tongkat.

 

Sambutan terakhir diberikan oleh Koordinator Kantor Urusan Internasional, Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki, S.T., M.T., M. Eng. Dalam sambutannya Dr. Pujianiki mengucapkan selamat datang bagi seluruh mahasiswa dan berharap seluruhnya tetap semangat mengikuti program BIPAS meski dilakukan secara daring.

 


“Kami sangat berharap bahwa seluruh peserta dapat mengikuti dan menyelesaikan seluruh program dengan baik, meski dilakukan secara daring. Tentu saja ketika pendemi telah berlalu, kami akan menyambut hangat seluruh peserta program ini untuk datang berkunjung ke Bali,” ungkap Dr. Pujianaki.

Program orientasi ini berlanjut dengan pengenalan materi awal bagi seluruh peserta. Peserta mengikuti kegiatan orientasi dengan penuh semangat. (GP)