Peluncuran “Etika Bahasa” Tandai Masa Purnabhakti Dosen Sastra Inggris I Ketut Tika

 
 Drs. I Ketut Tika,M.A. (tengah) berfoto bersama Wakil Rektor IV Unud, Dekan FIB, Direktur CIP Unud saat peluncuran buku, Sabtu, 16 Februari 2019.

 

Peluncuran buku Etika Bahasa, Persembahan Menapaki Usia Pensiun I Ketut Tika untuk menandai masa purnabhakti dosen Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud Drs. I Ketut Tika,M.A. berlangsung dalam acara semiformal di aula FIB Unud, Sabtu, 16 Februari 2019. Judul buku dibuat menarik mengandung nama I Ketut Tika yang dipersembahkan.

 

Buku yang disunting oleh Prof. Dr. I Nengah Sudipa,M.A. itu memuat 191 artikel diterbitkan ke dalam sembilan jilid. Kontributor artikel berasal dari dosen FIB Unud, mahasiswa program doktor Linguistik FIB Unud, serta sarjana lain dari berbagai universitas seperti Universitas Andalas, Padang.


Editor buku Prof. I Nengah Sudipa menyampaikan buku kepada Ketut Tika yang lanjut mempersembahkan kepada para undangan.

 

Hadir dalam acara peluncuran buku tersebut Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ida Bagus Wiyasa Putra,SH.MH, Dekan FIB Unud Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha,M.A., Korpordi Sastra Inggris Prof. Dr. Nyoman Sedeng, M.Hum., Direktur Centre for International Progam (CIP) Unud Dr. Ni Putu Sri Harta Mimba, SE., M.Si., Ak., para dosen Sastra Inggris dan mahasiswa. Tampak hadir juga Prof. Dr. I Gusti Made Sutjaja,M.A., mantan dosen Sastra Inggris.


 


Penyerahan Buku

 

Acara ditandai dengan penyerahan buku oleh penyunting Prof. Nengah Sudipa kepada Drs. I Ketut Tika,M.A., yang kemudian menyerahkan kepada sejumlah undangan utama.

 

Ketut Tika adalah dosen Prodi Sastra Inggris yang pernah menjadi Ketua Lab Bahasa Unud, Ketua LDTEC (Language Diploma Training and Education Centre) FIB Unud, dan terakhir aktif di CIP Unud menangani program kerja sama kelembagaan dengan universitas luar negeri. Dia menyelesaikan gelar masternya di University of Sydney.


Prof. Dr. IGM Sutjaja,M.A. (kedua dari kiri) dan undangan lainnya.


Penuh Antusiasme

Dalam sambutannya, Prof. Sudipa selaku editor buku menyampaikan terima kasih kepada para penulis atas kesediaannya menyumbangkan artikel dengan penuh antusiasme.

 

“Ketika kami umumkan lewat WA untuk penyusunan buku ini, sambutan datang dari berbagai pihak,” ujar Prof. Sudipa.

 

Prof. Sudipa dan Ketut Tika


Mengingat artikel begitu banyak, buku dibagi menjadi sembilan jilid. Selama ini Prof. Sudipa sudah memprakarsai penerbitan buku untuk beberapa dosen Sastra Inggris yang memasuki masa purnabhakti sehingga usaha ini mulai tampak sebagai tradisi akademik yang baik.

 

Dekan FIB Unud Prof. Sutjiati Beratha dalam sambutannya yang tercantum di buku menyampaikan apresiasi atas pengabdian Drs. I Ketut Tika,M.A. “Pengabdiannya sangat berarti dalam pembangunan lembaga,” ujar Prof. Sutji.

 

Dekan Prof. Sutji berdoa agar dalam masa senggang sekarang, Ketut Tika bisa merealisasikan gagasan-gagasannya yang mungkin masih terpendam ketika masih aktif menjadi dosen Prodi Sastra Inggris.

 

Ketut Tika dan kolega.


Korprodi Sastra Inggris Prof. I Nyoman Sedeng,M.Hum. menyampaikan bahwa Ketut Tika memberikan kontribusi besar dalam pengembangan prodi dan lembaga terutama ketika menjadi Direktur LDTEC dan Ketua Lab Bahasa Unud.

 

“Beliau banyak mendorong dan memotivasi kolega dan mahasiswa untuk terus meningkatkan Pendidikan,” tulis Prof. Sedeng dalam pengantar buku.

 

Kontributor Artikel

Kontributor artikel yang berjumlah 191 judul dalam buku ini ditulis oleh dosen dan mahasiswa dari berbagai kalangan.

 

Setelah beberapa pengantar dari pimpinan dan penyunting, buku dibuka dengan artikel yang merupakan penjelasan payung judul buku yaitu “Etika” oleh Prof. Dr. I Nengah Sudipa, kemudian “Bahasa” oleh Made Henra Dwikarmawan Sudipa, dan “Etika Berbahasa Inggris” oleh I Ketut Tika.

 


Hadirin dari kalangan mahasiswa.


Artikel yang dimuat antara lain “Pergeseran Bahasa Kedua: Perspektif Psikolinguistik” oleh Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha,M.A.

 

“Terms Used by Gay People in Bali: Lavender Linguistics Perspective” oleh Maryon Renaldy and Dr. I Made Netra dari Prodi Sastra Inggris.

 

“Hubungan Etika melalui Bahasa dan Budaya: Selayang Pandang tentang Bahasa dan Kebudayaan Minangkabau” oleh Prof. Dr. Oktavianus,M.Hum. dari Universitas Andalas Padang.

 


Undangan yang hadir saat peluncuran buku.


“Tradisi Lisan dan Kelisanan Kedua” oleh Dr. Maria Matildis Banda, dosen Prodi Sastra Indonesia dan artikel “Perbandingan Penggunaan Makna Kata ‘Bunga’ dalam Ungkapan Idiomatis Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris” oleh I Gede Oeinada, mahasiswa program doktor Linguistik FIB dan dosen Prodi Sastra Jepang FIB Unud.

 

Acara diawali dan diakhiri dengan hiburan musik di mana Ketut Tika ikut memainkan drum (Ida Ayu Laksmita Sari).