Prodi Sastra Jepang FIB Unud Sukseskan Acara “Japan Education Fair 2019” di Sanur

Suasana pameran pendidikan Jepang di Sanur.

 

Prodi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud berhasil menyukseskan program pameran pendidikan Jepang atau “Japan Education Fair 2019” yang berlangsung di Prime Plaza Hotel, Sanur, 3 Agustus 2019.


Pameran pendidikan ini diikuti 12 lembaga pendidikan Jepang (lihat daftar di akhir berita).



Flier kegiatan.

Korprodi Sastra Jepang FIB Unud, Ngurah Indra Pradhana, S.S., M.Hum. menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Prodi Sastra Jepang FIB Unud.


“Semoga makin banyak minat generasi muda bnelajar tentang bahasa dan budaya Jepang, untuk kemajuan dan meningkatkan daya saing sumber daya generasi muda kita,” ujar Indra Pradana.



Dosen sastra Jepang FIB Unud mendampingi saat wawancara siswa mencari informasi.


Pendukung Acara


Pelaksana kegiatan pameran ini, I Nyoman Rauh Artana, S.S., M.Hum., dosen Sastra Jepang FIB Unud, menyampaikan acara pameran pendidikan ini didukung oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Japan Foundation.

 

“Acara berlangsung lancar dan berhasil menarik minat banyak pengunjung terutama para siswa,” ujar Rauh Artana.


Pengunjung pameran semangat mencari informasi pendidikan di Jepang.


Banyak siswa yang hadir bersama orang tua mereka. Lebih dari setengahnya adalah siswa sekolah menengah, beberapa siswa bersedia pergi ke Jepang setelah lulus SMA.

 

Selain siswa, hadirin pengunjung pemran pendidikan ini adalah mahasiswa dan orang dewasa yang ingin mengalami kehidupan Jepang sebagai siswa penuh waktu melalui studi bahasa jangka pendek.


Di antara mereka, ada juga pengunjung yang belajar sendiri dalam bahasa Jepang dan bertukar kata dengan pewawancara tanpa melalui seorang penerjemah.


Suasana tukar informasi.

 

“Selain itu, kami menerima beberapa pertanyaan dari siswa yang datang untuk pertama kalinya mengenai persyaratan penerimaan, beasiswa, dan peluang untuk mendapatkan pekerjaan setelah belajar di luar negeri,” kata Rauh Artana.

 

Sehari setelah acara di Denpasar, pameran serupa dilaksanakan di Makassar, bekerja sama dengan prodi sastra Jepang di sana. Sebelum dilaksanakan di Indonesia, pameran serupa dilaksanakan di Malaysia (Penang, Kuala Lumpur).


      Instansi yang berpartisipasi :

1.  ÅŒhara gaigo kankō& buraidarubyÅ«tÄ« senmon gakkō nihongo gakka

2.  oharaboki hōritsu senmon gakkō Nanba-kō nihongo gakka

3.  ÅŒhara nihongo gakuin

4.  ÅŒhara gaigo kankō& buraidarubyÅ«tÄ« senmon gakkō nihongo gakka

5.  tomo rangÄ“jiakademÄ«

6.  tomo kokusai bunka gakuin

7.  sankō nihongo gakkō Tōkyō

8.  aso nihongo gakkō

9.  mini mini chūō

10. HOSANA nihongo gakkō gakuin

11. Okinawa akademī senmon gakkō

12. kyō shin rangējiakademī

(dap)