Program Studi Ilmu Sejarah FIB Unud Jalin Kerja Sama dengan Bahagian Sejarah PPPJJ Universiti Sains Malaysia

Pada Senin, 25 Maret 2024, program studi (prodi) Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) melaksanakan pertemuan penjajakan kerja sama dengan Bahagian/prodi Sejarah Pusat Pengajian Pendidikan Jarak Jauh Universiti Sains Malaysia (PPPJJ USM). Pertemuan ini dilaksanakan sebagai follow up meeting atas pertemuan yang telah dilaksanakan antara FIB Unud dan PPPJJ USM pada 4 Maret 2024 lalu.


Pertemuan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Webex dan dihadiri oleh Koordinator Prodi Ilmu Sejarah FIB Unud, A.A. Inten Asmariati, S.S., M.Si., Koordinator Unit Pengelola Informasi Kerja Sama FIB Unud, Novita Mulyana, S.S., M.Hum., PIC Kerja Sama Prodi Ilmu Sejarah FIB Unud, I Kadek Surya Jayadi, S.S., M.A. Dari pihak bahagian Sejarah PPPJJ USM, pertemuan dihadiri oleh Norizan Kadir, Ph.D., Ketua bahagian Sejarah PPPJJ USM beserta salah seorang dosen prodinya, Dr. Low Choo Chin.


Pada kesempatan tersebut kedua prodi saling bertukar informasi terkait profil prodinya masing-masing. Keduanya juga mendiskusikan potensi kegiatan-kegiatan kerja sama yang dapat dilakukan, diantaranya kegiatan (1) guest lecture, (2) seminar hybrid tentang sejarah Asia Tenggara, (3) pertukaran publikasi akademik, (4) workshop/pelatihan tentang penelitian di bidang sejarah, (5) program mobility/pertukaran mahasiswa, dan kegiatan lainnya.


Norizan Kadir, Ph.D., Ketua Program Sejarah PPPJJ USM dalam kesempatan tersebut menawarkan prodi Sejarah FIB Unud untuk memulai pelaksanaan kerja sama dengan menyelenggarakan seminar di bidang ilmu sejarah yang menurutnya dapat bermanfaat tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi juga untuk masyarakat luas.


“Mungkin sebagai permulaan, kita bisa buatkan semacam online seminar, mungkin daripada ilmu sejarah ada dosen-dosen yang berminat untuk berkongsi ilmu berkenaaan dengan ilmu sejarah-sejarah di Indonesia atau Asia Tenggara, sudah pastilah topik-topik seperti itu akan sangat memberikan manfaat bagi pelajar kami dan juga orang awam”, papar Norizan, Ph.D.


Gayung bersambut, Koordinator Prodi Ilmu Sejarah FIB Unud, A.A. Inten Asmariati, S.S., M.Si menyambut baik usulan kerja sama yang diajukan Bahagian Sejarah PPPJJ USM.


“Terima kasih Ibu Nor, rasanya itu memang yang paling cepat bisa kita realisasikan bentuk kerja sama kita dengan melakukan seminar online, seperti yang telah kami sampaikan tadi, kami di prodi ilmu sejarah memiliki sejumlah guru besar di bidang sejarah kawasan, biografi, revolusi serta sejarah hukum dan politik. Saya sangat menyambut baik sekali untuk merealisasikan awal dari kerja sama kita dalam bentuk seminar online”, papar A.A. Inten Asmariati, S.S., M.Si., menanggapi usulan pihak USM.


Kedua belah pihak sepakat untuk memulai pelaksanaan kegiatan kerja sama dalam bentuk seminar dan segera menyusun dokumen kerja sama yang dibutuhkan. Keduanya juga sepakat untuk melaksanakan pertemuan-pertemuan lanjutan guna membahas teknis pelaksanaan kegiatan kerja sama yang telah disepakati. (nm)