Program Studi Sastra Inggris Selenggarakan "Inauguration Day" di Desa Apuan, Tabanan

[caption id="attachment_2231" align="aligncenter" width="1024"] Kaprodi Sastra Inggris Dr. Ida Ayu Made Puspani,M.Hum. didampingi para dosen saat memberikan pengarahan kepada peserta INDEED di Desa Apuan.[/caption]

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana menggelar pengabdian pada masyarakat lewat program Inauguration Day of English Department Students (INDEED), Sabtu, 17 Juni 2017 bertempat di Desa Apuan, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Acara yang bertema "Unforgettable Night of Inaguration for Freshmen to Develop Social Awarness and Solidarity through a New Community (UNITY)" merupakan sebuah kegiatan pengenalan Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana kepada mahasiswa dan mahasiswi baru, kali ini untuk angkatan 2016.

Dilepas Dekan FIB

Mahasiswa peserta INDEED, pada pagi harinya dilepas Dekan, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A., Wakil Dekan 3, Prof. Dr. I Nyoman Weda Kusuma, M.Hum., dan Sekretaris Prodi, Dr. Ni Wayan Sukarini, M,Hum., untuk bersama-sama menuju Desa Apuan, Tabanan.

[caption id="attachment_2235" align="aligncenter" width="1176"] Dekan FIB Prof. Sutji didampingi staf saat melepas mahasiswa ke lapangan. Foto bawah kiri saat mahasiswa melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Desa Apuan.[/caption]

Peserta kegiatan ini adalah 163 orang mahasiswa angkatan 2016 dan 90 orang mahasiswa tingkat atas yang bertindak sebagai panitia.

Selain mahasiswa, dosen-dosen Prodi Sastra Inggris pun sangat berperan aktif dan ikut dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dihadiri oleh Kaprodi, Dr. Ida Ayu Made Puspani, M.Hum, Sekretaris Prodi, Dr. Ni Wayan Sukarini M.Hum. dan I Wayan Mulyawan, S.S., M.Hum., Pembina Mahasiswa, Drs. I Nyoman Udayana, M.A.,Ph.D dan Komang Sumaryana Putra, S.S.,M.Hum, dan dihadiri pula oleh sebagian besar dosen Sastra Inggris.

[caption id="attachment_2238" align="aligncenter" width="1024"] Mahasiswa mendengarkan pengarahan sebelum aktivitas pengabdian.[/caption]

Dosen Sastra Inggris yang ikut serta dalam kegiatan ini di antaranya Prof. Dr. Ida Bagus Putra Yadnya, M.Hum., Prof. Ketut Artawa, Ph.D., Drs. I Ketut Wandia, M.A., Dr. I Wayan Resen, M.A., Drs. I Gede Budiasa, Alit Ida Setianingsih, S.S.,M.Hum., A.A. Shanti Sari Dewi, S.S.,M.Hum., I Made Sena Darmasetiyawan, S.S.,M.Hum., Dr. I Nyoman Sedeng, M.Hum., dan Dr. I Made Rajeg, M.Hum.

Disiplin dan Aktif

Dalam arahannya, Kaprodi Sastra Inggris, Dr. Ida Ayu Made Puspani menegaskan kepada mahasiswa agar terus meningkatkan disiplin dan ikut berperan aktif pada berbagai kegiatan baik yang diselenggarakan oleh Prodi Sastra Inggris maupun kegiatan tingkat Fakultas Ilmu Budaya bahkan pada kegiatan tingkat Universitas.

[caption id="attachment_2241" align="aligncenter" width="1080"] Mahasiswa saat kunjungan dan mengajar di SD.[/caption]

"Dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan BKFIB, saya ingin adik-adik mahasiswa Sastra Inggris berperan aktif dan terlibat langsung baik sebagai panitia maupun peserta kegiatan pada acara tersebut" pintanya.

[caption id="attachment_2237" align="aligncenter" width="1080"] Bertemu siswa SD untuk pelajaran bahasa Inggris.[/caption]

Acara ini dirangkaikan dengan berbagai kegiatan, yaitu pengenalan Desa Apuan oleh Kepala Dusun kepada mahasiswa Prodi Sastra Inggris, penyerahan kenang-kenangan kepada Kepala Dusun, acara bersih-bersih di pura, pengadaan penyengker pura bersama perangkat dusun dan masyarakat, serta pengajaran Bahasa Inggris untuk siswa SD (Ida Ayu Made Puspani-Ida Ayu Laksmita Sari).