Semarak Jalan Sehat, Kegiatan Kesehatan dan Lomba Serangkaian Pekan HUT ke-60 FIB UNUD


Dekan FIB, para Wakil Dekan serta Sejumlah Guru Besar FIB saat acara pelepasan jalan sehat



Keluarga besar civitas akademika Fakultas Ilmu Budaya Unud mengikuti kegiatan hari ke-2 serangkaian pekan HUT FIB ke-60. Kegiatan berlangsung pada Jumat, 21 September 2018, diawali dengan jalan sehat di lingkungan kampus FIB unud.


Dekan FIB, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A., melepas langsung seluruh peserta jalan santai yang berjumlah sekitar 450-an orang. Secara simbolis pelepasan jalan sehat dilakukan dengan pengibasan bendera “poleng” oleh dekan FIB.


"Kami berterima kasih kepada panitia dan civitas akademika yang sudah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan perayaan HUT FIB. Mohon dukungannya terus untuk kegiatan acara yang begitu banyak dan penting," ujar Prof. Sutji.


Kegiatan jalan sehat dimulai dari halamn depan kampus setempat dan  mengambil rute seputar sepanjang sekitar 2,5 km melalui Jalan Nias, Jl Diponegoro, Teuku Umar, Jln. Pulau Buton, Jln. Pulau Bali, dan kembali ke Kampus FIB di Jalan Nias.



mahasiswa mengikuti jalan sehat


Selain mahasiswa, dosen, dan pegawai FIB, gerak jalan juga diikuti mahasiswa asing yang belajar bahasa dan kebudayaan di program BIPAS dan BIPA di FIB. Kehadiran mahasiswa asing menambah semarak acara gerak jalan santai. Mereka bergabung dan ikut bersuka cita dengan dosen dan mahasiswa lainnya.


Masing-masing peserta jalan sehat mendapatkan nomor undian yang akan diundi untuk mendapatkan hadiah hiburan. Kegiatan jalan sehat ini menjadi agenda rutin dalam setiap peringatan HUT Fakultas Ilmu Budaya.



Narasumber sosialisasi kanker serviks dr. I Gede Sastra Winata, M.Biomed, SP.OG (K)-ONK



Kegiatan Kesehatan


Setelah jalan sehat, diadakan kegiatan donor darah dan sosialisasi kesehatan mengenai kanker serviks. Donor darah yang diselenggarakan dalam HUT FIB ini bekerjasama dengan PMI Bali. Mahasiswa, pegawai dan dosen turut terlibat dalam kegiatan donor darah ini.


Sosialisasi mengenai kanker serviks turut pula berlangsung dengan mendatangkan narasumber dr. I Gede Sastra Winata, M.Biomed, SP.OG (K)-ONK. Sebagaimana diketahui bahwa kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan paling mematikan pada wanita.



Antusias peserta sosialisasi kanker serviks


“Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan pada wanita, selain kanker payudara. WHO merilis penelitian pada tahun 2014, lebih dari 92 ribu kasus kematian pada wanita di Indonesia disebabkan oleh penyakit kanker. Dari jumlah tersebut, 10% terjadi karena kanker serviks. Untuk itu perlu diadakan sosialisasi akan bahaya serta cara penanganannya agar dapat dicegah,” ungkap dr. Winata.


Sosialisasi ini mendapatkan respon sangat baik dari mahasiswa, dosen, maupun pagawai wanita di lingkungan FIB.

 


keseruan lomba makan kerupuk


Aneka Lomba


Selain jalan sehat dan Kegiatan Kesehatan, untuk lebih menyemarakkan rangkaian pekan HUT FIB diadakan pula aneka lomba yang melibatkan mahasiswa, dosen, serta pegawai di lingkungan FIB. Kegiatan lomba ini diorganisir oleh mahasiswa melalui senat mahasiswa FIB.


Berbagai lomba diadakan dalam suasana penuh suka cita dalam harmoni kekeluargaan. Aneka lomba yang diadakan diantaranya adalah lomba makan krupuk, lomba tarik tambang, lomba lari karung, dan lari balon.


Masing-masing prodi di lingkungan FIB mengirimkan peserta untuk mengikuti lomba. Meski dalam kesederhanaan, berbagai lomba berlangsung sangat semarak dan melepas sejenak hirup pikuk urusan akademik.



Dekan FIB, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A. didampingi WD III Prof. Dr. I Nyoman Weda Kusuma, M.S. dan Ketua Panitia HUT FIB Dr. Ni Ketut Puji Astuti Laksmi, S.S., M.Si. saat menyerahkan hadiah


Para pemenang lomba mendapatkan hadiah yang telah disiapkan oleh panitia. Penyerahan hadiah pemenang lomba dilakukan oleh Dekan FIB Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, didampingi WD III Prof. Dr. I Nyoman Weda Kusuma, M.S., serta ketua panitia HUT FIB Dr. Ni Ketut Puji Astuti Laksmi, S.S., M.Si.


(I Gede Gita Purnama A.P)