Seminar Internasional

Seminar Internasional Bahasa-bahasa dan Sastra Austronesia-NonAustronesia Diselenggarakan oleh Program Studi Linguistik Program Pascasarjana Universitas Udayana, Universiti Kebangsaan Malaysia, dan Asosiasi Peneliti Bahasa-bahasa Lokal (APBL) Tema "Bahasa, Sastra, dan Budaya Austronesia-NonAustronesia, Globalisasi, dan Revitalisasi" Tujuan Seminar ini diselenggarakan dengan tujuan

  1. Memperluas dan memperdalam wawasan kelinguistikan, susastra, dan budaya Austronesia dan NonAustronesia demi peningkatan mutu penelitian, pendidikan, dan pendokumentasian kekayaan bahasa-bahasa Austronesia dan NonAustronesia.
  2. Memperkaya data dan informasi kelinguistikan Austronesia dan NonAustronesia dalam kerangka pengembangan kajian keilinguistikan.
  3. Membangun jejaring penerbitan dan publikasi internasional kelinguistikan dan kesusastraan.
  4. Merumuskan gagasan-gagasan strategi revitalisasi dan penyelamatan bahasa-bahasa kecil.
  5. Pendokumentasian segi-segi kelinguistikan, kesusastraan, dan nilai-nilai kebudayaan dalam bahasa-bahasa lokal.
Pokok Bahasan
  • Kekerabatan antarbahasa Austronesia dan Papua NonAustronesia, serta pengembangan konsep, teori, dan metodologinya.
  • Deskripsi mendalam pelbagai segi dan tataran bahasa-bahasa nasional rumpun Austronesia dan NonAustronesia
  • Perubahan lingkungan dan kondisi hidup kebahasaan dan dampaknya terhadap keberadaan bahasa-bahasa kecil, strategi pemberdayaan bahasa, sastra, dan budaya lokal dan nasional demi kebertahanan keanekaragaman bahasa, sastra, dan budaya.
  • Dinamika, globalisasi, dan strategi pengembangan kelisanan dan keberaksara-an, pemberdayaan kesusastraan lokal sebagai penyangga keberadaan dan kelestarian bahasa-bahasa Austronesia dan non-Austronesia.
  • Tipologi Bahasa
Waktu dan Tempat Waktu : Tanggal 6 – 7 November 2013 Tempat : Fakultas Sastra Universitas Udayana, Jalan Pulau Nias 13, Sanglah- Denpasar, Bali. Makalah dan Pemakalah Seminar Internasional ini diisi dengan tiga kategori makalah yakni:
  • Makalah utama yang disajikan oleh Pemakalah utama (Keynote Speaker) Prof. Dr. Bernd Nothofer (Universiti, Frankfurt)
  • Makalah Pleno yang disajikan oleh Dr. I Wayan Arka (ANU/Udayana University, Prof. Madya Dr. Rahim Bin Aman (Universiti Kebangsaan Malaysia ),Prof Dr. Mahsun, M.S ( Badan Bahasa Jakarta),
  • Makalah penyanding dan makalah-makalah partisipatif.
Baik makalah utama maupun makalah penyanding-partisipatif,disyaratkan untuk dikaitkan dengan tema dan disesuaikan dengan salah satu pokok bahasan yang ditentukan di atas. Abstrak harus ditulis dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris sekitar 250 kata, kertas A4, satu spasi, dikirim ke panitia seminar selambat-lambatnya 30 September 2013. Makalah lengkap, 15-20 halaman A4, dua spasi, dalam bentuk soft copy (floppy disc/CD) dalam format MS-Word, font 12 dalam Times New Roman, harus diterima oleh panitia seminar 5 October 2013 apabila ingin disertakan dalam proceeding. Apabila tidak, makalah lengkap tidak perlu dikirimkan. Peserta Peserta seminar internasional ini terdiri atas para linguis dan ahli sastra dari dalam dan luar negeri, para dosen, penggiat linguistik dan sastra, para guru, dan para mahasiswa dan karyasiswa pascasarjana linguistik, dan ilmu budaya, serta para peminat bahasa, sastra, dan budaya Austronesia dan NonAustronesia. Pendaftaran
  • Pendaftaran dimulai sejak diedarkannya pengumuman ini sampai dengan 30 September 2013
  • biaya pendaftaran:
1. Umum Rp 500.000,- 2. Mahasiswa Pascasarjana Universitas Udayana Rp. 350.000,- 3. Peserta asing Rp. 650.000,- yang meliputi sertifikat, perlengkapan seminarmakan siang serta kudapan.
  • Pembayaran dilakukan melalui BNI 1946 Cabang Renon Denpasar a.n. to Ni Putu Sukanteri No.Rek. 0301929780
  • Daftar ulang peserta dilakukan di Gedung Pascasarjana Universitas Udayana, Tanggal 9 Agustus 2013 pagi pukul 07.00-08.00 dengan membawa bukti pembayaran (transfer)
Abstrak, formulir pendaftaran, dan bukti transfer dikirim melalui email atau faksimile ke Sekretariat Panitia Seminar Internasional Austronesia, Fakultas Sastra Universitas Udayana Jalan Nias 13 Denpasar Telepon (0361) 257415 Faksimile (0361) 257415 Email: seminar.austronesia@gmail.com seminar.austronesia@yahoo.com Contact Person : Mas Indrawati : 08123850206 Sosiowati : 08123857575 Seri Malini : 085732135282