TERAPKAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI, KEMAS UDAYANA MENGADAKAN KEGIATAN "BEACH CLEAN UP" DI PANTAI KELAN, BADUNG, BALI


Keluarga Mahasiswa Sejarah Berfoto bersama setelah melaksanakan kegiatan Beach Clean Up


KEMAS, BADUNG – Setelah setahun berlalu, Kegiatan Beach Clean Up yang rutin diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Sejarah (KEMAS) Universitas Udayana pada tahun ini kembali diadakan (24/11). Bila pada tahun sebelumnya kegiatan dilaksanakan di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar yang bekerjasama dengan LSM Malu Dong dan beberapa siswa/siswi SMA di Denpasar, maka pada tahun ini kegiatan Beach Clean Up diselenggarakan di Pantai Kelan,Kabupaten Badung, Bali bersama para Pemuda Desa Kelan.

 

Dalam kegiatan Beach Clean Up hari ini, hadir Kepala Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana yaitu Dr. I Nyoman Sukiada, M.Hum. beserta Pembina Keluarga Mahasiswa Sejarah (KEMAS) Universitas Udayana, yaitu Dr. Drs. I Putu Gede Suwitha,S.U. Hadir pula pada kesempatan kali ini, Wakil Ketua Keluarga Mahasiswa Sejarah (KEMAS) Udayana, Teguh Eka Saputra dan juga Ketua Forum Pemuda Desa Kelan, Badung, Bali.

 


Koprodi Sejarah FIB menyerahkan  simbolisasi  tempat sampah


Dalam sambutannya, Kepala Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Dr.I Nyoman Sukiada, M.Hum berpesan bahwa kegiatan seperti ini hendaknya dapat terus dilakukan sebagai bentuk upaya merealisasikan pengabdian Tri Dharma Perguruan Tinggi yang tak hanya melakukan penelitian-penelitian lapangan saja, melainkan juga melakukan pengabdian kepada masyarakat.

 

“Inilah bentuk pengabdian masyarakat yang bisa kami lakukan dari mahasiswa program studi Sejarah walaupun sangat sederhana tetapi bagaimana memaknai bahwa pantai laut merupakan sumber kehidupan. Mari kita menggugah seluruh masyarakat dengan kehadiran kita disini semua dapat menjaga pantai menjaga laut kita ini…. mudah-mudahan ini bisa berlangsung bukan hanya hari ini saja” ujar Kepala Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana.

 


Koprodi Sejarah FIB Unud turut serta dalam kegiatan Beach Clean Up



Pada sambutannya, Ketua Panitia Beach Clean Up KEMAS, Achmad Kurniadaffa mengatakan bahwa kegiatan Beach Clean Up kali ini panitia telah mempersiapkannya selama tiga minggu terakhir. “Kegiatan Beach Clean Up hari ini telah panitia siapkan sejak tiga minggu, harapannya acara ini dapat berjalan dengan lancar” ujar Ketua Panitia Beach Clean Up KEMAS 2019.

 


Keluarga Mahasiswa Sejarah (KEMAS) bersama masyarakat bersama-sama melaksanakan kegiatan Beach Clean Up


Kegiatan Beach Clean Up KEMAS ini mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi dari mahasiswa program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana. Hadir perwakilan dari setiap angkatan dari angkatan 2019,2018,2017,2016, hingga angkatan tahun 2015. Kegiatan diawali dengan melakukan doa bersama, lalu dilanjutkan dengan kegiatan utama yaitu bersih-bersih sampah dengan memungut sampah-sampah organik dan anorganik di seluruh penjuru pantai Kelan. Pada kegiatan hari ini, peserta berhasil mengumpulkan sembilan trash bag penuh dengan sampah-sampah. -hdr