Pembacaan lontar oleh Tim Kajian Lontar FIB Unud (Foto-foto N Sulibra).


Tim Pusat Kajian Lontar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud melakukan kegiatan konservasi dan digitalisasi lontar prasasti yang tersimpan di Pura Dadya Pasek Gelgel Uttarayana, Minggu, 01 September 2019 bertempat di Banjar Asah, Desa Gobleg, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.


Saat itu, Tim Pusat Kajian Lontar Fakultas Ilmu Budaya Unud berhasil mengidentifikasi lontar prasasti terdiri dari 22 lembar yang berisikan tetang silsilah atau keturunan. Lontar Prasasti disalin di Smara Pura pada Tahun 1993 dan disimpan di Gedong Pura Dadya Pasek Gelgel Uttarayana.

 


                         Ketua Pusat Kajian Lontar Fakultas Ilmu Budaya Unud, Dr. Ida Bagus Rai Putra, M.Hum.



Pembacaan Lontar langsung dipimpin Ketua Pusat Kajian Lontar Fakultas Ilmu Budaya Unud, Dr. Ida Bagus Rai Putra, M.Hum didampingi empat orang staf.


Pembacaan Lontar yang dilakukan berlangsung selama kurang lebih dua jam dan mendapat respon antusias yang tinggi oleh para penyungsung Pura Dadya Uttarayana.


Tidak kurang dari 40 orang lebih yang hadir di Pura Dadya Pasek Gelgel, para Panglingsir/Pamangku mengharapkan kegiatan konservasi, digitalisasi, dan pembacaan lontar prasasti tidak berhenti pada proses itu saja.


Ke depannya diharapkan lontar prasasti dapat dialihaksarakan dan diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia sehingga manfaatnya menjadi lebih luas. Dalam Kegiatan itu, Ketua Pusat Kajian Lontar menyerahkan berupa bantuan Buku Prabhajnana I,II,III sebagai sosialisasi pengenalan kajian-kajian Lontar yang telah dilakukan oleh para dosen Sastra Bali dan Jawa Kuno (N. Sulibra).